PENGARUH PROGRAM PELIBATAN KELUARGA DALAM KELAS INSPIRASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI DI PAUD CERIA DUSUN MUHAJIRIN DESA SESELA KECAMATAN GUNUNG SARI KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Ni Nyoman Sri Windari UNDIKMA, Indonesia
  • Herlina Herlina UNDIKMA, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtni.v6i1.2978

Abstract

Abstrak : Orang tua tidak boleh menyerahkan sepenuhnya pendidikan anak usia dini kepada lembaga PAUD. Orang tua harus ikut terlibat dalam kegiatan pendidikan anak di sekolah. Keterlibatan keluarga dalam pendidikan anak di sekolah dapat mengurangi pengaruh negatif dari persoalan sosial dan kemajuan teknologi. Bentuk keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak, misalnya ikut serta dalam pelaksanaan kelas inspirasi. Orang tua dapat menjadi motivator, sehingga anak dapat termotivasi dalam belajar untuk meraih prestasi dan mewujudkan cita-citanya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh program pelibatan keluarga dalam kelas inspirasi terhadap motivasi belajar anak usia dini di PAUD Ceria Dusun Muhajirin Desa Sesela Kecamatan Gunung Sari Kabupaten  Lombok Barat Tahun Ajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh program pelibatan keluarga dalam kelas inspirasi terhadap motivasi belajar anak usia dini di PAUD Ceria Dusun Muhajirin Desa Sesela Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat Tahun Ajaran 2019/2020.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan metode observasi sebagai metode utama, serta metode dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus Chi Square (X²). Dari hasil X² hitung dari data angket dan observasi masing-masing adalah 46,85 dan 10,99. Berdasar nilai X² tabel dengan taraf signifikan 5% dk = 4 adalah 9,488. Pernyataan ini menunjukkan bahwa nilai X² hitung dari data angket lebih besar dari nilai X² tabel (46,85 > 9,488) yang berarti signifikan. Sedang nilai X² hitung dari data observasi lebih besar dari nilai X² tabel (10,99 > 9,488) yang berarti signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh program pelibatan keluarga dalam kelas inspirasi terhadap motivasi belajar anak usia dini di PAUD Ceria Dusun Muhajirin Desa Sesela Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat Tahun Ajaran 2019/2020.

Kata Kunci : Pelibatan Keluarga, Kelas Inspirasi, Motivasi Belajar

References

Bahri Djamarah, Syaiful. 2012. Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha Nasional

Masrik Hariri, Lalu. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Two-Stay Two-Stray Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII MTs Hadayatul Athfal Rebile Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi S1. IKIP MATARAM

Menjadi Orang Tua Hebat Untuk Keluarga Dengan Anak Usia Dini. 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Panduan Program Pelibatan Orang Tua Berbasis Paguyuban Kelas Di Satuan PAUD. 2018. Gorontalo : KementerianPendidikan dan kebudayaan Balai Pengembangan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat

Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga Pada Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. 2017. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono.2015. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Syarbini, Amirulloh. 2016. Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Studi Tentang Model Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam.Jogjakarta : AR-RUZZ Media

Downloads

Published

2020-10-09

How to Cite

Windari, N. N. S., & Herlina, H. (2020). PENGARUH PROGRAM PELIBATAN KELUARGA DALAM KELAS INSPIRASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI DI PAUD CERIA DUSUN MUHAJIRIN DESA SESELA KECAMATAN GUNUNG SARI KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2019/2020. Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 6(1). https://doi.org/10.33394/jtni.v6i1.2978

Issue

Section

Articles

Citation Check