IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI KELAS AWAL SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtni.v6i1.2981Abstract
Abstrak: Pembelajaran tematik merupakan model pembelajaran yang paling populer, yang dimana Peserta didik yang berada pada sekolah dasar kelas satu, dua, dan tiga berada pada rentangan usia dini. Pada usia tersebut seluruh aspek perkembangan kecerdasan seperti IQ, EQ, dan SQ tumbuh dan berkembang sangat luar biasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan model Implementasi pembelajaran tematik karena Pada umumnya tingkat perkembangan masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan (holistik) serta mampu memahami hubungan antara konsep secara sederhana. Proses pembelajaran masih bergantung kepada objek-objek konkrit dan pengalaman yang dialami secara langsung. Penelitian ini dilaksnakan di SDN batu tinggang dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Data penelitian berupa: data deskriptif yang diperoleh melalui wawancara, data dokumentasi,dan data observasi mengenai implementasi pembelajaran tematik. Adapun implementasi pembelajaran tematik di sekolah dasar meliputi; implikasi bagi guru, implikasi bagi siswa, implikasi terhadap sarana, prasarana, sumber belajar dan media, implikasi terhadap pengaturan ruangan, implikasi terhadap pemilihan metode dalam rangka implementasi Standar Isi yang termuat dalam Standar Nasional Pendidikan, maka pembelajaran pada kelas awal sekolah dasar yakni kelas satu, dua, dan tiga lebih sesuai jika dikelola dalam pembelajaran terpadu melalui pendekatan pembelajaran tematik. Sehingga proses pembelajaran lebih menarik,interaktif,dan menyenangkan jika guru dan siswa saling bekerjasama untuk kualitas pembelajaran yang lebih baik. Hasil penelitian yang ingin dicapai adalah model strategi pembelajaran tematik yang dapat dijadikan sebagai pedoman bagi guru SD/SDIT/MI di kabupaten lombok tengah khususnya dan NTB pada umumnya.
Kata kunci: Implementasi, Model Pembelajaran Tematik Integratif, Sekolah Dasar
References
Akbar, S.,Sutama, IW., & pujianto (2010). Pengembangan model pembelajaran tematik untuk kelas 1 dan kelas 2 sekolah Dasar. Jurnal pendidikan dan pembelajaran (JPP), 11 (1),1-9.
Bogdan, R.C. & Biklen, S.K. 1982. Qualitatif Reseach For Education and Introduction to theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon
Bogdan, R.C. & Biklen, S.K. 1990. Riset Kualitatif Untuk Pendidikan. Terjemahan oleh Muhandir. Jakarta: Depdikbud
Fatchurrohman. (2015). Pengembangan model pembelajaran tematik integratif ekternal dan internal di madrsyah ibtidakyah E-journal,9(2) 1-22
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License Term
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.