EFEKTIVITAS MODEL KEMITRAAN SEKOLAH DENGAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN ON LINE (STUDI KASUS PROGRAM PELIBATAN KELUARGA DI PAUD KOTA MATARAM)

Authors

  • Herlina Herlina UNDIKMA, Indonesia
  • Ni Made Sulastri UNDIKMA, Indonesia
  • Farida Herna Astuti UNDIKMA, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtni.v6i2.3312

Abstract

Abstrak:  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efekitivitas Model  Kemitraan  Sekolah dengan Orang Tua dalam pembelajaran on line  (Studi Kasus Program Pelibatan Keluarga di PAUD Kota Mataram) Penelitian ini menjadi sangat penting dilakukan mengingat kemitraan antara sekolah dan keluarga sangat penting. karena keberhasilan kemitraan antara sekolah,orang tua dan masyarakat akan berpengaruh pada kemajuan peserta didik dalam kegiatan pembelajarannya. Selain itu dengan diadakannya penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dan sumbangan pengetahuan tentang bagaimana Efektivitas Model Kemitraan Sekolah, dan keluarga Pada Program Pelibatan Keluarga di PAUD khususnya dalam Menghadai Covid 19 yang sedang mewabah. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian evaluasi, yaitu penelitian yang meneliti tentang Efektivitas Model Kemitraan Sekolah, dan keluarga Pada Program Pelibatan Keluarga di PAUD.  Adaun model evaluasi yang digunakan menggunakan model evaluasi  CIPP.   Adapun yang dijadikan sebagai subyek penelitian ini adalah kelompok   anak usia dini yang tersebar di 2 PAUD di Kota Mataram yaitu  PAUD  Mutiara Islami,  dan PAUD Permata Bangsa.  Adapun komponen yang dievaluasi adalah komponen konteks,  input, proses, dan output. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pada komponen konteks berada pada kategori sangat baik,  pada komponen input berada pada kategori baik, pada komponen proses berada pada kategori sangat baik, dan pada komponen output berada pada kategori sangat baik

Kata Kunci : Efektivitas,  Kemitraan, Pelibatan keluarga, Pembelajaran on line.

References

Comer, 1997. .PembentuKAN Kepribadian Anak. Peran Intelektual, Emosional dan Sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. Jakarta: Bumi Aksara

Hasan, 2006. Pendidikan Keluarga. Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya

Miles, Matthew B and A Michael Huberman (1985). Qualitative Data Analysis: A Source Book

Mulyana, 2014. Pola Komuikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga. Jakarta : Rineka Cipta

Moleong, Lexy J., (2006) Metodologi Penelitian Kualitatif. cet. Ke-22 Edisi Revisi Bandung: Remaja Rosdakarya..

Model Kemitraan keluarga dengan Satuan Pendidikan (2016). Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dikmas. Jawa Barat

Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga Pada Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (2017) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Herlina, H., Sulastri, N. M., & Astuti, F. H. (2020). EFEKTIVITAS MODEL KEMITRAAN SEKOLAH DENGAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN ON LINE (STUDI KASUS PROGRAM PELIBATAN KELUARGA DI PAUD KOTA MATARAM). Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 6(2). https://doi.org/10.33394/jtni.v6i2.3312

Issue

Section

Articles

Citation Check