PENERAPAN MODEL PARTICIPATORY RURAL APPRAISAL (PRA) DALAM MEWUJUDKAN PROGRAM “MEMBANGUN DESA” DAN “DESA MEMBANGUN”

Authors

  • Suharyani Suharyani UNDIKMA, Indonesia
  • Wayan Tamba UNDIKMA, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtni.v6i2.3315

Abstract

Abstrak: Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk peningkatan kualitas hidup adalah pemberdayaan masyarakat Desa dalam rangka mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan, kesadaran, serta memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan, program, kegiatan, dan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat Desa tersebut. Fokus tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran program kemasyarakatan yang dilaksanakan oleh Desa Sepapan. Lokasi penelitian mengambil dua dusun yaitu Dusun Orong Bukal dan Batu Golok. Penelitian telah dilaksanakan mulai Juli-Oktober 2020. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif karena Desa Sepapan merupakan desa baru, yang berdiri tahun 2012. Model karakteristik penelitian kualitatif akan sangat memudahkan peneliti dalam menemukan dan memahami pertanyaan penelitian, karena kualitatif menggunakan multiple methods that are interactive and humanistic. Penelitian ini akan menghasilkan output peneitian yaitu publikasi ilmiah di jurnal prodi (di kampus luar Undikma). Hasil penelitian ada dua yaitu program pembangunan infrastruktur perdesaan (PPIP) dan program posyandu desa. Hal penting dalam PPIP adalah 1) Pelibatan masyarakat miskin dalam program PPIP, 2) Manfaat yang diperoleh, 3) Pelaksana yang ahli, 4) Sumberdaya, 5) Strategi program, 6) Karakteristik lembaga penyelenggara dan 7) Respon masyarakat terhadap program PPIP. Rekam data pada program posyandu adalah terakit 1) Tujuan, sasaran dan fungsi posyandu, 2) Program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), 3) Program KB, 4) Program imunisasi dan 5) Pencegahan dan Penanggulangan Diare atau mencret. Artinya dari hasil penelitian, peneliti tidak menemukan Model PRA dalam pelaksanaan program desa karena Desa Sepapan tergolong desa bar.

 Kata kunci : PRA, Infrastruktur, Perdesaan dan Posyandu

References

Ali, Mohammad.1999. Penelitian Kependidikan: Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa. Arikunto, Suharsimi. 2000.

Anonim, 2015, Pengertian dan Pemberdayaan Masyarakat .

Chadwick, A. Bruce, dkk. (1984). Metode penelitian ilmu sosial. New Jersey: ice hall, inc. Englewood cliffts.

Gol A Gong & Agus M.Irkhham, Gempa Literasi (2012) Penerbit Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) Jakarta

https://baleite.ntbprov.go.id/en/kode-wilayah-jumlah-penduduk-jumlah-keluarga-luas-wilayah-dan-kepadatan-penduduk-tahun-2015

http://sepapan.sideka.id/data/kependudukan/

http://specialpengetahuan.blogspot.co.id/2015/09/pengertian-dan-pemberdayaan-masyarakat.html( akses 12 Maret 2019)

https://www.inirumahpintar.com/2016/09/pengertian-dan-ciri-ciri-rumah-pintar.html (akses 14 Maret 2019)

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Finoza, L.2001. Komposisi.Jakarta : Nusa Indah

Masri Singarimbun. 1987. Metode Penelitian Survai. Yogyakarta: LP3ES.

Pendidikan Kesetaraan Mencerahkan Anak Bangsa, Direktorat Pendidikan Kesetaraan, Dirjen Pendidikan Luar Sekolah, Departemen Pendidikan Nasional, 2006).

Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta. Daryanto.2000.

Purwanto (2007) Instrumen Penelitian Sosial dan pendidikan; Pengembangan dan Pemanfaatan, Pen.Pustaka Pelajar Yogyakarta.

Sugiono (2011). Statistik Non Parametrik untuk penelitian. Pen. Alvabeta Bandung.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Suharyani, S., & Tamba, W. (2020). PENERAPAN MODEL PARTICIPATORY RURAL APPRAISAL (PRA) DALAM MEWUJUDKAN PROGRAM “MEMBANGUN DESA” DAN “DESA MEMBANGUN”. Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 6(2). https://doi.org/10.33394/jtni.v6i2.3315

Issue

Section

Articles

Citation Check