MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERAN PELAKU KEGIATAN EKONOMI SISWI KELAS X DI MA ANNAJAH SESELE LOMBOK BARAT (PTK)

Authors

  • Mauizatil Hasanah Ridwan IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtni.v5i2.4513

Abstract

Rendahnya kemampuan siswi kelas X MA Annajah Sesele Lombok Barat T.P 2018/2019 pada materi peran pelaku kegiatan ekonomi menjadi permasalahan utama yang dihadapi guru mata pelajaran ekonomi. Pembelajaran peran pelaku kegiatan ekonomi yang merupakan dasar dari pembelajaran ekonomi perlu untuk menggunakan model pembelajaran yang lebih inovatif dan mampu memacu semangat dan kreativitas siswi sehingga siswi mampu mengaplikasikannya kedalam kehidupan sehari-hari dengan baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, Subjek penelitiannya adalah siswi MA Annajah Sesele Kecamatan Gunung Sari Lombok Barat yang berjumlah 23 siswi, Perlakuan dan rencana percobaan penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Seluruh tahapan yang dilakukan dengan penelitian tindakan kelas ini merupakan tindakan-tindakan yang berbentuk siklus. Dalam penelitian ini ada empat tahapan dalam pelaksanaannya, yaitu: Rencana tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi, dan Refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping  memiliki pengaruh positif dalam meningkatkan hasil belajar peran pelaku ekonomi. Hal ini terbukti pada siswi kelas X MA Annajah Sesele Lombok Barat pada siklus I perolehan nilai rata-rata ketuntasan sebesar 78% dan pembelajaran pada siklus II, siswi kelas X memperoleh rata-rata nilai sebesar 83,6%.

Kata Kunci: Model Mind Mapping, Hasil Belajar, Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi

References

Downloads

Published

2019-09-23

How to Cite

Ridwan, M. H. (2019). MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERAN PELAKU KEGIATAN EKONOMI SISWI KELAS X DI MA ANNAJAH SESELE LOMBOK BARAT (PTK). Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 5(2). https://doi.org/10.33394/jtni.v5i2.4513

Issue

Section

Articles

Citation Check