PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEHNIK KOGNITIF RESTRUCTURING TERHADAP KECEMASAN AKADEMIK SISWA MA DARUSSHIDDIQIEN NW MERTAK PAOK
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtni.v8i1.5726Abstract
Abstrak: Peneliti bertujuan untuk mengadakan penelitian eksperimen dengan melihat pengaruh layanan konseling kelompok teknik cognitif restructuring terhadapa kecemasan akadmeik siswa MA Darusshiddiqien NW Mertak Paok. Mendeskripsikan proses penelitian, hambatan, serta keseluruhan kejadian yang ada dalam penelitian dan menemukan sebuah tujuan dalam sebuah kegitan penelitian. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan metode eksperimen karena gejala yang akan diteliti dibuat dengan di sengaja yakni pengaruh konseling kognitive restructuring terhadap kecemasan akademik siswa MA Darusshiddiqien NW Mertak Paok. Berdasarkan data analisis nilai t-tes yang diperoleh dalam penelitian ini adalah thitung4,182dengan derajat kebebasan (N-1) = (10-1) = 9. Dalam taraf signifikansi = 5% dan Sderajat kebebasan (Db) pada tabel nilai “t†adalah 2,262. Dengan demikian nilai thitung yang diperoleh dalam penelitian sebesar 4,356 telah berada diatas angka batas yang besarnya 2,262, atau dengan kata lain bahwa thitung lebih besar dari t tabel4,356>2,262, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak sedangkan alternatif (Ha) diterima pada taraf signifikan 5% dengan db= 10 dapat dikatakan bahwa Pengaruh Konseling Kelompok Teknikk kognitif Restructuring Terhadap Kecemasan akademik Siswa MA Darusshiddiqien NW Mertak Paok.Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022 artinya hasil penelitian ini,“signifikanâ€.
Kata Konci : Konseling Kelompok, Teknikk kognitif Restructuring, dan Kecemasan akademik
References
Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Pendekatan Suatu Praktek, Jakarta: PT Rineka cipta
Arikunto, Suharmisi. 2014 Prosedur Penelitian Pendekatan Suatu Praktek. Jakarta:PT Rineka Cipta
Attri, K, A., dan Neelam. 2013. Academic Anxiety and Achievement of Scondary SchoolStudent-A Study on Gender Different. International Jurnal of Behavioral Social and Movement science Vol. 02, 27-33.
Azwar. 2012 Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.s
Bradley T. Erford, 2017. 40 Tehnik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor, Yogyakarta:
Siregar, C. N.2013. “Tingkat Kecemasan Pada Santri Pomdok pesantrenâ€. ChintyaNovalia Siregar, 1 (1): 242-256.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Suryabrata, Sumadi. 2014. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Utami, L. H., dan Nurjati, L. (2017). Hubungan Self-Efficacy, Belief dan Motivasi Dengan Kecemasan Mahasiswa Dalam Pelajaran Bahasa Inggris Jurnal Ilmiah Psikologi, 4 (2): 219-238.
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License Term
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.