URGENSI KEMITRAAN BAGI PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN NON FORMAL
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtni.v3i1.651Abstract
Lembaga non formal kebanyakan berasal dari lembaga yang berdiri atas swadaya
masyarakat. Untuk dapat maju dan berkembang serta mampu bersaing dengan lembaga lainnya maka
kemampuan membangun kerjasama antar lembaga pendidikan formal ataupun non formal merupakan
sesuatu yang sangat dibutuhkan terutama dari lembaga pendidikan yang lebih maju, meskipun di era
modern ini segala sesuatu dapat dikendalikan dengan tekhnologi mutakhir, tetapi kesuksesan pada
suatu lembaga atau organisasi masih sangat bergantung pada keberhasilan menciptakan kerjasama.
Kamil menjelaskan beberapa strategi yang ditawarkan dalam kemitraan seyogyanya mengandung unsur
saling memerlukan, saling menguntungkan, dan saling memperkuat. Ketiga unsur tersebut dibangun
atas dasar kepercayaan yang berlandaskan Keadilan, kejujuran, dan kebijakan. Sebelum melaksanakan
kemitraan/kerjasama sebagaimana diungkapkan Kamil (2010), ada beberapa langkah-langkah yang
harus diperhatikan dalam menjalin suatu hubungan/kerjasama, di antaranya adalah: (1). Pemetaan; (2).
Menggali dan mengumpulkan informasi; (3). Menganalisis informasi; (4). Penjajagan Kerjasama; (6).
Membuat kesepakatan; (7). Penandatanganan akad kerjasama (MOU); (8). Pelaksanaan kegiatan; (9).
Monitoring dan evaluasi; (10). Perbaikan, dan; (11). Perencanaan selanjutnya.
Kata kunci: Kemitraan, Strategi, Pendidikan Non Formal
References
Hafsah (2010). Pemberdayaan
Masyarakat. Yogyakarta: Ansi
Offset
Kamil. Mustofa (2010). Strategi
Kemitraan dalam membangun
PNF melalui pemberdayaan
masyarakat.
Kemendiknas, 2010. Membangun
Jejaring Kerja (Kemitraan).
Direktorat pembinaan kursus
dan kelembagaan. Dirjen
PNFI Jakarta
Notoatmodjo (2010). Manajemen
Sumberdaya Manusia.
Bandung: Rosdakarya
Rachmat (2004). Kecakapan Hidup
melalui Pendekatan
Pendidikan Berbasis Luas.
Surabaya: SIC
www.dapodik. Paudni.com
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License Term
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.