MENGEMBANGKAN KEGIATAN LITERASI AWAL BAGI ANAK USIA DINI DI LINGKUNGAN KELUARGA
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtni.v8i2.6966Abstract
References
Abidin, Yunus. 2015. Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Jawaban Atas Tantangan Pendidikan Abad Ke-21 Dalam Konteks Keindonesiaan. Jakarta: Refinka Aditama.
Agoestyowati, R. 2017. Branding Serial KKPK: Tinjauan Pada Minat Literasi Anak-Anak. Bijak Majalah Ilmiah Institut STIAMI, 14(01), 60–69.
Bunanta. M. 2008. Buku mendongeng dan Minat Membaca. Jakarta: KPBA.
Ferianti, N., & Irna. 2020. Pengembangan Strategi Literasi Keluarga Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini (Penelitian Pengembangan pada siswa kelompok B PAUD BAI Rumah Cendekia Kabupaten Bogor). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 115–124. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i1.415
Hapsari, W., Ruhaena, L., & Pratisti, W. D. 2017. Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah Melalui Program Stimulasi. Jurnal Psikologi, 44(3), 177–184. https://doi.org/10.22146/jpsi.16929
Husnaini, N. 2018. Identifikasi Pola Pengenalan Literasi Pada Anak Usia Dini Di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 30–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i1.24443
Inten, D. N. 2017. Peran Keluarga dalam Menanamkan Literasi Dini pada Anak Role of the FamilyToward Early Literacy of the Children. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 23–32.
Itadz. 2008. Memilih, Menyusun dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Karima, R., & Kurniawati, F. 2020. Kegiatan Literasi Awal Orang Tua pada Anak Usia Dini. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 69–80. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.61-06
Mardliyah, S., Siahaan, H., & Budirahayu, T. 2020. Pengembangan Literasi Dini melalui Kerjasama Keluarga dan Sekolah di Taman Anak Sanggar Anak Alam Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 892–899. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.476
Marwiyati, S., & Hidayatulloh, M. A. 2018. Peran "Cakruk Baca Bergerak†Dalam Pengembangan Literasi Anak Usia Dini. Awlady : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 61–77. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3236
Murwani, Arita. 2007. Asuhan Keperawatan Keluarga Konsep dan Aplikasi Kasus. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.
Nurgiyantoro. B. 2015. Sastra Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Pradipta, G. A. 2014. Keterlibatan Orang Tua dalam Proses Mengembangkan Literasi Dini pada Anak Usia PAUD di Surabaya. Journal Universitas Airlangga, 3(1), 1–28.
Puspita, G. A., & Irwansyah. 2018. Pergeseran Budaya Baca dan Perkembangan Industri Penerbitan Buku di Indonesia: Studi Kasus Pembaca E-Book Melalui Aplikasi iPusnas. Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 2(1), 13–20.
Sari, N. 2019. Aktivitas Bermain, Perkembangan Literasi Awal Dan Tempat Penitipan Anak (Daycare). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 559–566.
Suarmini, N. W. 2014. Keluarga Sebagai Wahanan Keluarga Sebagai Wahana Pertama Dan Utama Pendidikan Karakter Anak. Jurnal Sosial Humaniora, 7(1), 118–135. https://doi.org/10.12962/j24433527.v7i1.599
Sumarwan, Eri. 2016. Literasi Anak Sebuah Panduan Memahami Baca Tulis Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Gambang Buku Budaya.
Uyu, M. 2018. Pemanfaatan Big Book Sebagai Media Literasi Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 317–330. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/1352
Widodo, M. M., & Ruhaena, L. 2018. Literasi di lingkungan Rumah pada Anak Pra Sekolah. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.23917/indigenous.v3i1.3059
Zati, V. D. A. 2018. Upaya Untuk Meningkatkan Minat Literasi Anak Usia Dini. Bunga Rampai Usia Emas, 4(1), 18–21. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jhp/article/viewFile/11539/10110
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License Term
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.