Pola Kemitraan Sekolah Inklusi Dalam Memberikan Layanan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Authors

  • haromain haromain Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtni.v8i2.7000

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pola kemitraan yang dibangun oleh sekolah inklusi dengan orang tua dan masyarakat dalam memberikaan layanan kepada ABK. Fokus dari penelitian ini adalah kemitraan sekolah dalam layanan ABK serta penguatan kapasitas guru pendamping khusus. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus di SD Negeri 20 Mataram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, kemitraan yang di bangun sekolah melibatkan orang tua serta lembaga yang konsen dalam Pendidikan inklusif. Kedua, dibutuhkan adanya pendekatan Pendidikan dan pelatihan bagi orang tua dan guru dalam memberikan layanan yang tepat kepada ABK sesuai dengan tingkat kebutuhannya.

References

Ainscow, M. 2005. Developing Inclusive Systems: What Are The Levers For Change?. Journal of Educational Change. 6:109-124. DOI 10.1007/s10833-005-1298-4

Bogdan, R.C. & Biklen, S.K. 1982. Qualitative Research for Education: an Introduction to Theory and Methods, (3¬¬¬¬¬¬rdEducation), Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Cresswell, J.W., (2010) Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar Yogyakarta, Edisi Ketiga

Hasyim, Y. 2013. Pendidikan Inklusif di SMK Negeri 2 Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 1, Nomor 2, Juli 2013; 112-121 ISSN: 2337-7623; EISSN: 2337-7615

Haromain. 2022. Pengembangan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus pada Sekolah Inklusi. Educatoria; Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Vol. 2, No. 1, Januari 2022; Hal. 64-70

Lincoln & Guba. 1985. Naturalistic Inquiry. Beverly Hills: Sage Publications

Olsen, G. & Fuller, M. 2003. Home School Relation. Working Sucessfully with Parents and Families. Boston: Allyn and Bacon.

Rose, R. & Howley, M. 2007. The Practical Guide to Special Educational Needs in Inclusive Primary Classrooms. SAGE Publication Ltd.

Sunaryo. 2009. Manajemen Pendidikan Inklusif; Konsep, Kebijakan, dan Implementasinya dalam Perspektif Pendidikan Luar Biasa. Bandung. PLB FIP UPI.

Downloads

Published

2023-01-18

How to Cite

haromain, haromain. (2023). Pola Kemitraan Sekolah Inklusi Dalam Memberikan Layanan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 8(2), 88–93. https://doi.org/10.33394/jtni.v8i2.7000

Issue

Section

Articles

Citation Check