Model Pelaksanaan Program Karang Taruna Dalam Pembinaan Tingkah Laku Remaja

Authors

  • Herlina Herlina IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtni.v2i1.728

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui model pelaksanaan program karang taruna dalam pembinaan tingkah laku remaja dan kendala pelaksanaan program karang taruna dan solusinya dalam pembinaan tingkah laku remaja. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dimana peneliti langsung turun ke lapangan secara intensif untuk dapat mempelajari individu-individu secara utuh guna memperoleh data yang obyektif dan logis. Teknik analisis data menggunakan tahapan pengumpulan data, eduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu program karang taruna seperti sepak bola, bulutangkis, seni budaya atau nasyid, sepeda santai, lintas alam, bakti sosial, safari ramadhan, tujuh belas agustus, dan mauled nabi. Perubahan sikap remaja menjadi rajin mengikuti kegiatan gotong royong, aktif dalam mengikuti pengajian, membantu pembangunan masjid, mengikuti kegiatan majlis ta’lim, berpartisifasi dalam kegiatan kemasyarakatan. Adapun solusi dari kendala yang dihadapi dengan cara memperbanyak kerjasama dengan masyarakat, pemerintah dan lembaga-lembaga lainya untuk bisa memenuhi kendala yang di hadapi oleh karang taruna sehingga kegiatan yang dibentuk bisa maksimal.
Kata kunci: Model, Karang Taruna, Tingkah Laku.

References

Kartono, Kartini. (1990), Etika Filsafat Tingkah Laku, Rineka Cipta: Jakarta.

Lexy J. Moleong. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya: Bandung

M. Iqbal. Hasan. (2002). Metodelogi Penelitian dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Margono. (2003). Metode Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta.

Moenir, H. A. S. (2002). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Bumi Aksara: Jakarta.

Nasution. (1982). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bina Aksara: Jakarta.

Ridwan. (2004). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Sadli, Saparina. (1987). Persepsi Sosial. Jakarta.

Sarlito, Wirawan Sarwono. (1997). Psikologi Remaja.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Alfabeta: Bandung.

Downloads

Published

2018-04-06

How to Cite

Herlina, H. (2018). Model Pelaksanaan Program Karang Taruna Dalam Pembinaan Tingkah Laku Remaja. Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 2(1). https://doi.org/10.33394/jtni.v2i1.728

Issue

Section

Articles

Citation Check