Evaluasi Implementasi Program Pendidikan Kesetaraan Paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Al-Kautsar Kota Mataram

Authors

  • Maskun Maskun IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtni.v2i1.730

Abstract

Evaluasi program adalah keseluruhan kegiatan baik berupa pengukuran maupun penilaian (pengukuran data dan informasi), pengolahan, penafsiran dan pertimbangan untuk membuat keputusan untuk mengetahui pencapaian tujuan program yang telah dilaksanakan selanjutnya hasil evaluasi program digunakan sebagai dasar untuk melaksanakan kegiatan tindak lanjut atau untuk melakukan pengambilan keputusan berikutnya. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi program pendidikan kesetaraan Paket B di PKBM Al-Kautsar yang meliputi; 1) komponen konteks; untuk mengetahui dukungan atau partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program pendidikan kesetaraan paket B. 2) komponen input; (a) Untuk mengetahui karaktristik warga belajar program pendidikan kesetaraan paket B, (b) Untuk mengetahui karakteristik tutor program pendidikan kesetaraan paket B, (c) Untuk mengetahui karakteristik pengelola program pendidikan kesetaraan paket B, (d) Untuk mengetahui kurikulum program pendidikan kesetaraan paket B, dan (e) Untuk mengetahui sarana dan prasarana program pendidikan kesetaraan paket B. 3) komponen proses; untuk mengetahui proses pembelajaran pendidikan kesetaraan paket B. 4) komponen produk; untuk mengetahui pencapaian kompetensi warga belajar dalam mengikuti program pendidikan kesetaraan paket B di PKBMAl-Kautsar. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif dengan jenis penelitian evaluasi. Jenis evaluasi yang digunakan adalah metode CIPP dari Stuflebeam, dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriftif. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa implementasi program pendidikan kesetaraan paket B dalam meningkatkan kompetensi warga belajar sudah sesuai dan efektif menurut kriteria dari masing-masing evaluasi yang meliputi evaluasi konteks, evaluasi input, evalusai proses dan evaluasi produk yang berada di lembaga PKBM Al-Kautsar.
Kata-kata kunci: Evaluasi Program, Pendidikan Kesetaraan, Paket B, PKBM.

References

Arikunto, suharsimi dan cepi safrudin AJ. (2008). evaluasi program pendidikan. Jakarta: Bumi.

Eko putro widoyoko. (2009). Evaluasi program pembelajaran : panduan praktis pendidikan dan calon pendidik : Yogyakarta: pustaka pelajar.

I Nyoman Mursa Winata. (2012). Evaluasi Penyelenggaraan pendidikan

Kesetaraan Program Paket B. Http://www.nyomanmursa.blogspot.com Diakses 12-11-2014

Maria Asdhiyati, (2011). Manajemen dan Evaluasi Program Kejar Paket B di PKBM Sarana Maju Kota Tegal. (Http://www.Mariaasdhiyati.blogspot.com) Diakses 12-11-20014

Marzuki, saleh H.M. (2010). pendidikan non formal dimensi dalam keaksaraan fungsional, pelatihan, dan andragogi. Bandung : PT.Remaja rosda karya.

Sukardi, (2008). Evaluasi program pendidikan edisi II, prinsip dan oprasional Siduarjo: Bumi aksara.

Sudjana. (2008). Evaluasi program pendidikan luar sekolah. Jakarta: Bumi aksara.

Sugyono. (2009). metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D.Bandung: alfabeta.

Downloads

Published

2018-04-06

How to Cite

Maskun, M. (2018). Evaluasi Implementasi Program Pendidikan Kesetaraan Paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Al-Kautsar Kota Mataram. Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 2(1). https://doi.org/10.33394/jtni.v2i1.730

Issue

Section

Articles

Citation Check