Model Pembelajaran Outbond dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini

Authors

  • Nurfadilah Nurfadilah IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtni.v2i2.736

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran outbound dalam meningkatkan kreatifitas anak usia dini dan bagaimana karakteristik kreatifitas anak usia dini di Kelompok Bermain “Green School†Mataram. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, maka digunakan metode observasi dan wawancara sebagai metode pokok, sementara metode dokumentasi digunakan sebagai metode pelengkap. Sedangkan metode analisis data yang dipergunakan adalah metode analisis data kualitatif. Adapun karakteristik kreatifitas anak usia dini antara lain (1) memiliki rasa ingin tahu yang besar (2) aktif dan giat bertanya serta tanggap terhadap suatu pertanyaan (3) selalu bersifat terbuka terhadap hal – hal baru yang berbeda (4) selalu ingin menemukan dan meneliti tentang sesuatu (5) senang pada tugas berat dan sulit (6) cenderung mencari jawaban yang luas dan memuaskan (7) berdedikasi tinggi dan aktif dalam menjalankan tugas (8) memiliki cara berpikir yang pleksibel (9) berkemampuan menganalis masalah (10) mempunyai daya imajinasi yang baik (11) memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan mandiri (12) memiliki kemampuan melahirkan berbagai gagasan dalam menyelesaikan masalah (13) memiliki latar belakang membaca yang cukup luas. Sifat dan kebiasaan mereka itu yang menjadi salah satu penyebab munculnya ide tentang alternatif model pembelajaran yang tepat untuk anak usia dini terutama pada Kelompok Bermain yang menyenangkan sekaligus mencerdaskan anak mengingat dunia anak adalah dunia bermain maka seharusnya pelayanan pendidikan pada anak usia dini dirancang dalam bentuk bermain sambil belajar. Bagi anak belajar adalah bermain dan bermain adalah belajar. Dalam abstrak ini terdapat kata kunci antara lain : inovatif dan kreatif.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Outbond, Kreativitas, Anak Usia Dini.

References

Anwar, dan Arsyad Ahmad. 2007. Pendidikan Anak Dini Usia. Bandung : CV. Alfabeta.

Agustinus Susanta. 2008. Merancang Outbound Training Profesional. Yogyakarta. CV. Andi Offset.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi ke-3. Jakarta : Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Pedoman Teknis Penyelenggaraan POS PAUD. Jakarta. Direktorat PAUD.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Kelompok Bermain. Jakarta. Direktorat PAUD.

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Acuan Menu Pembelajaran pada Kelompok Bermain. Jakarta. Direkorat PAUD

Jurnal Transformasi

Volume 2 Nomor 2 Edisi September 2016

PLS FIP IKIP Mataram

Lexy J. Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Maimunah Hasan. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta : Diva Press.

Soemiarti Patmonodewo. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Suryadi. 2007. Cara Efektif Memahami Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta. EDSA Mahkota.

Downloads

Published

2018-04-06

How to Cite

Nurfadilah, N. (2018). Model Pembelajaran Outbond dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 2(2). https://doi.org/10.33394/jtni.v2i2.736

Issue

Section

Articles

Citation Check