PENGARUH PROGRAM KARANG TARUNA TERHADAP PERKEMBANGAN KONSEP DIRI REMAJA
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtni.v3i2.741Abstract
Fenomena yang terjadi pada remaja belakangan ini sangat mengkhawatirkan. Kaum remaja yang notabene-nya adalah generasi penerus bangsa sudah terjebak dalam sikap hidup konsumtif dan hedonisme. Kenyataan ini membuat keprihatinan terhadap masa depan bangsa karena apabila dibiarkan dikhawatirkan dapat meruntuhkan ahlak remaja masa kini. Antisipasi permasalahan tersebut mutlak dilaksanakan demi terselamatkannya generasi muda di masa kini dan di masa yang akan datan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh program karang taruna terhadap perkembangan konsep diri remaja di Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif. Dimana diawal analisis peneliti menggunakan rumus uji beda untuk mengetahui apakah terdapat pegaruh program karang taruna tehadap perkembangan konsep diri remaja. Hasil peneltian ini kemudian dideskripsikan dengan berbagai teori yang sudah dikemukakan dalam BAB II. Subyek dalam penelitian ini adalah beberapa karang taruna yang berada di Kabupaten Lombok Barat. Pemilihan karang taruna dilakukan secara purposive sampling yaitu tehnik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Penentuan karang taruna di Kabupaten Lombok Barat yang akan menjadi subyek penelitian melalui berbagai pertimbangan. Kriteria penentuan karang taruna dalam penelitian ini berdasarkan pada; (1). Telah terdaftar pada pemerintah daerah sekurang-kuragnya 3 (tiga) tahun; (2). Memiliki struktur organisasi yang jelas; (3). Status organisasi kemasyarakatan aktif yang ditandai dengan berbagai program yang dijalankan. Berdasarkan penentuan kriteria tersebut maka karang taruna yang menjadi subyek dalam penelitian ini meliputi karang taruna bangun karya Desa Langko Lingsar, karang taruna banyu sejahtera Narmada, dan karang taruna pemuda Gunungsari. Berdasarkan hasil analisis data setelah dikonsultasikan dengan ttable sebesar 2,02 pada taraf signifikansi 5% didapatkan nilai thitung lebih besar yakni sebesar 0,63. Hal ini berarti program karang taruna berpengaruh signifikan terhadap pembentukan konsep diri remaja.
Kata Kunci: Program Karang Taruna, Konsep Diri Remaja
References
Anas Sudijono. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Peraturan Perundang-undangan, No. 2 Tahun 2012
Permendagri, Pasal 7 No. 32 Tahun 2011
Saifudin Azwar, 2008. Pengantar Pengorganisasian dan Administrasi. Yogyakarta: Andi Ofset
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif R & D. Yogyakarta
Suryaningsih, 2013. Kiat Mengatasi Kenakalan Remaja. Yogyakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License Term
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.