PENGARUH PROGRAM KARANG TARUNA TERHADAP PERKEMBANGAN KONSEP DIRI REMAJA

Authors

  • Herlina Herlina IKIP Mataram, Indonesia
  • Kholisus Sa'di IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtni.v3i2.741

Abstract

Fenomena yang terjadi pada remaja belakangan ini sangat mengkhawatirkan. Kaum remaja yang notabene-nya adalah generasi penerus bangsa sudah terjebak dalam sikap hidup konsumtif dan hedonisme. Kenyataan ini membuat keprihatinan terhadap masa depan bangsa karena apabila dibiarkan dikhawatirkan dapat meruntuhkan ahlak remaja masa kini. Antisipasi permasalahan tersebut mutlak dilaksanakan demi terselamatkannya generasi muda di masa kini dan di masa yang akan datan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh program karang taruna terhadap perkembangan konsep diri remaja di Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif. Dimana diawal analisis peneliti menggunakan rumus uji beda untuk mengetahui apakah terdapat pegaruh program karang taruna tehadap perkembangan konsep diri remaja. Hasil peneltian ini kemudian dideskripsikan dengan berbagai teori yang sudah dikemukakan dalam BAB II. Subyek dalam penelitian ini adalah beberapa karang taruna yang berada di Kabupaten Lombok Barat. Pemilihan karang taruna dilakukan secara purposive sampling yaitu tehnik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Penentuan karang taruna di Kabupaten Lombok Barat yang akan menjadi subyek penelitian melalui berbagai pertimbangan. Kriteria penentuan karang taruna dalam penelitian ini berdasarkan pada; (1). Telah terdaftar pada pemerintah daerah sekurang-kuragnya 3 (tiga) tahun; (2). Memiliki struktur organisasi yang jelas; (3). Status organisasi kemasyarakatan aktif yang ditandai dengan berbagai program yang dijalankan. Berdasarkan penentuan kriteria tersebut maka karang taruna yang menjadi subyek dalam penelitian ini meliputi karang taruna bangun karya Desa Langko Lingsar, karang taruna banyu sejahtera Narmada, dan karang taruna pemuda Gunungsari. Berdasarkan hasil analisis data setelah dikonsultasikan dengan ttable sebesar 2,02 pada taraf signifikansi 5% didapatkan nilai thitung lebih besar yakni sebesar 0,63. Hal ini berarti program karang taruna berpengaruh signifikan terhadap pembentukan konsep diri remaja.
Kata Kunci: Program Karang Taruna, Konsep Diri Remaja

References

Anas Sudijono. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Peraturan Perundang-undangan, No. 2 Tahun 2012

Permendagri, Pasal 7 No. 32 Tahun 2011

Saifudin Azwar, 2008. Pengantar Pengorganisasian dan Administrasi. Yogyakarta: Andi Ofset

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif R & D. Yogyakarta

Suryaningsih, 2013. Kiat Mengatasi Kenakalan Remaja. Yogyakarta

Downloads

Published

2018-04-06

How to Cite

Herlina, H., & Sa’di, K. (2018). PENGARUH PROGRAM KARANG TARUNA TERHADAP PERKEMBANGAN KONSEP DIRI REMAJA. Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 3(2). https://doi.org/10.33394/jtni.v3i2.741

Issue

Section

Articles

Citation Check