Penerapan Etika Administrasi Siswa Berbudaya Positif Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Panorama Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v12i1.10607Abstract
Keywords: Administrative Ethics, Positive Culture, Educational Administration
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menemukan secara empiris tentang penerapan etika administrasi dan penerapan budaya positif sekolah serta pengaruhnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SDN Panorama Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran etika administrasi dan budaya positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SDN Panorama. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun metode penelitiannya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data adalah pencatatan peristiwa-peristiwa, keterangan-keterangan, dan hal-hal yang berkaitan dengan sebagian atau seluruh elemen populasi yang akan mendukung penelitian tersebut. Hasil penelitian menunjukan dalam aspek administrasi pendidikan dan penerapan budaya positif di SDN Panorama telah berjalan sangat baik. Terbukti seluruh peserta didik SDN Panorama mempunyai karakter dan kepribadian baik imbas dari beberapa program pendukung penerapan budaya positif. Dalam aspek pengorganisasian yang mendukung penerapan etika administrasi siswa berbudaya positif semua guru, jajaran komite, orang tua peserta didik kompak mendukung program budaya positif yang diterapkan di sekolah. Dalam aspek kolaborasi penerapan budaya positif, guru-guru menjadi yang terdepan memberikan teladan dan contoh-contoh pemebiasaan disiplin yang positif. Komite sekolah dan orang tua ikut mendukung dengan cara pembiasaan yang baik disekolah diterapkan pula di lingkungan kelurga dalam kehidupan sehari-hari. Dengan peran aktif semua warga sekolah penerapan etika administrasi siswa berbudaya positif dapat berjalan dengan baik.
 Kata Kunci: Etika Administrasi, Budaya Positif, Administrasi Pendidikan.
References
Achivment Bungin, Burhan. 2008. Penelitian Kualitaif. Jakarta. Kencana.
Ana Purnama Dewi. 2012. Peran Budaya Sekolah Dalam Mendukung Prestasi Belajar Siswa.
Anis Titi Utami. 2014. Pelaksanaan Nilai Religius Dalam Pendidikan Karakter di SD Negeri 1 Kutowinangun Kebumen. Yokyakarta: Universitas Negeri Yokyakarta
Bertens, 2002, Etika, Gramedia Pustaka Utama,Jakarta.
Daryanto. 2001. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Emzir. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta. PT. RajaGrafindo.
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi. Bandung : Alfabeta.
Hadari, Nawawi. 2013. Administrasi Pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Hamid, Hamdani & Beni. 2013. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung : CV. Pustaka Setia.
Hamzah, B, Uno. 2010. Profesi Kependidikan: Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Hartono.2004. Statistik untuk Penelitian.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Herabudin. 2009. Administrasi & Supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Herdiansyah, Haris. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta : Salemba
Humanika Heri Cahyono. 2016. Pendidikan Karakter:Strategi Pendidikan Nilai Dalam Membentuk Karakter Religius
Husaini. 2009. Manajemen : Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan Edisi 4. Jakarta: Bumi Aksara.
Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : CV. Alfabeta Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian Pengembangan Pusat Kurikulum, Bahan Pelatihan : Pengembangan pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.
Jakarta, Kemendiknas, 2010. Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan: Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter.
Jakarta, Kemendiknas, 2011. Kristi Wardani, 2014. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di SD Negeri Taji Prambanan Klaten.
Jamal, Makmur Asmani. 2011. Tips Praktis membangun dan Mengelola Administrasi Sekolah. Yogyakarta: Diva Pres.
Kumorotomo,Wahyudi, 1992, Etika Administrasi Negara, Rajawali Press, Jakarta.
Kurnia, Adi& Bambang. 2012. Membangun Budaya Sekolah. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Magnis Suseno,Frans, 1985 Etika, Kanisius, Yogyakarta
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Majid, Abdul & Dian. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja.
Prof. Dr. H. Danim, Sudarwan & Danim, Yunan. 2011. Administrasi Sekolah & Manajemen Kelas. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Widjaja,1994, Etika Administrasi Negara, Bumi Aksara,Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â