Transformasi Digital dalam Manajemen Perkantoran Pendidikan: Sebuah Kajian Literatur
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v12i1.10785Abstract
Abstract: This study aims to investigate the impact of digital transformation in educational office management through a comprehensive literature review. Digital transformation, which is mainly triggered by the development of information technology, has reshaped the educational landscape by introducing innovative solutions to improve the efficiency and effectiveness of office management in educational institutions. This literature review involves a review of the evolution of information technology in the education sector and an in-depth understanding of the application of management information systems. In this context, we explore the positive impact of digital transformation on operational efficiency and productivity of educational institutions. In addition, this study identifies and analyzes challenges and barriers that educational institutions may face during the digital transformation process, including data security issues and ethical dilemmas. By detailing best practices and success cases from the relevant literature, the research provides in-depth insights into how educational institutions can take maximum advantage of digital transformation in the context of office management. The results of this literature review are expected to provide valuable guidance for education practitioners and researchers who are interested in optimizing the use of information technology in improving the efficiency and effectiveness of office management in educational institutions.
Key Words: Digital Transformation, Education Office Management.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak transformasi digital dalam manajemen perkantoran pendidikan melalui tinjauan literatur yang komprehensif. Transformasi digital, yang terutama dipicu oleh perkembangan teknologi informasi, telah membentuk kembali lanskap pendidikan dengan memperkenalkan solusi inovatif untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas manajemen perkantoran di lembaga-lembaga pendidikan. Kajian literatur ini melibatkan peninjauan terhadap evolusi teknologi informasi di sektor pendidikan dan pemahaman mendalam tentang penerapan sistem informasi manajemen. Dalam konteks ini, kami mengeksplorasi dampak positif transformasi digital terhadap efisiensi operasional dan produktivitas lembaga pendidikan. Selain itu, kajian ini mengidentifikasi serta menganalisis tantangan dan hambatan yang mungkin dihadapi lembaga pendidikan selama proses transformasi digital, termasuk isu keamanan data dan dilema etika. Dengan merinci praktik terbaik dan kasus sukses dari literatur yang relevan, penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana lembaga pendidikan dapat mengambil manfaat maksimal dari transformasi digital dalam konteks manajemen perkantoran. Hasil dari kajian literatur ini diharapkan dapat memberikan panduan berharga bagi praktisi pendidikan dan peneliti yang tertarik untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas manajemen perkantoran di lembagalembaga pendidikan.
Kata Kunci: Transformasi Digital, Management Perkantoran Pendidikan.
Pendahuluan
References
Ahyani, E., & Saimima, M. S. (2023). Implementasi Manajemen Perkantoran Berbasis Budaya Mutu Dalam Mewujudkan Lembaga Pendidikan Islam Unggul. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 11(1), 45–53. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/visionary/article/view/7064#
Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2022). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2).
Azhari, H. (2019). The Analyze of Ultilization Policy of Information Technology in Education (Analisis Kebijakan Pemanfatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan). Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 2(1).
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1).
Hadianti, F. E., Balqiest, R. A., Ar-Raufa, S., & Rizkyanfi, M. W. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Pembelajaran Mahasiswa Prodi Pendidikan Manajemen Perkantoran. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i2.71
Halim, M. N. (2020). Implementasi sistem informasi manajemen berbasis Information and Communication Technology (ICT) dalam meningkatkan efektifitas administrasi di SMP Brawijaya Smart School. In Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Hambali, I. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) Dalam Meningkatkan Mutu Proses Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1085
Idris. (2015). Efektifitas Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 14(2).
Irayani, Z., Effendi, M., Cahyanto, W. T., & ... (2022). Pelatihan Integrasi Konten Pembelajaran Dalam Sistem Manajemen Pembelajaran Google Classroom di MI Darul Hikmah. Prosiding Seminar ….
Karyadi, B. (2023). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Dalam Mendukung Pembelajaran Mandiri. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2).
kasemin, H. (2021). Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi - Hery Nuryanto - Google Buku. In Sma Yp Unila.
Loilatu, S. H., Rusdi, M., & Musyowir, M. (2020). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 4(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.520
Mulyani, I., Zamzami, E. M., & Zendrato, N. (2019). Pengaruh Sistem Teknologi Informasi Pada Manajemen Data Dan Informasi Dalam Layanan Keperawatan: Literature Review. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(2). https://doi.org/10.35585/inspir.v9i2.2526
Nugroho Andy. (2021). Perkembangan Teknologi di Indonesia Beserta Dampaknya. Qwords.Com.
Nur Hamidah, R., Nur Sidik, H., Ratminingsih, Lu’lu ’Ul Maknun, A., Muhibullah, M., Musyarifah, & Mayzihani. (2022). Dibalik Kurikulum Merdeka : Konsep Integrasi Pendidikan Humanis Bebasis Teknologi. KIST UIN SUKA, 1(1).
Putri. (2017). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Pengembangan Profesi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Professional Development of Teachers in Improving the Performance of Teacher), 2(2).
Rachmawati, D., & Hidayati, D. (2023). Implementasi Sistem Informasi Akademik berbasis Aplikasi Google Classroom Pada Kelas Khusus Olahraga Di SMA Muhammadiyah 2 Boja Kendal. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3). https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5767
Raup, A., Ridwan, W., Khoeriyah, Y., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Deep Learning dan Penerapannya dalam Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.805
Rayhan, A., Rusmaini, R., & Alfiyanto, A. (2021a). Penerapan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Dalam Mendukung Pelayanan Administrasi Peserta Didik. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1).
Rayhan, A., Rusmaini, R., & Alfiyanto, A. (2021b). Penerapan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Dalam Mendukung Pelayanan Administrasi Peserta Didik (Studi Deskriptif di SMA Islam Az Zahrah Palembang). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i1.20416
Rifad, Moh. (2022). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Dalam Pendidikan. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 2(3). https://doi.org/10.51878/cendekia.v2i3.1495
Septriani, D. (2017). Hambatan Dalam Menerapkan Sistem Informasi Manajemen Dalam Dunia Pendidikan Dan Cara Mengatasinya. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Silalahi, F. D. (2022). Keamanan Cyber (Cyber Security). In Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik.
Sukmawati, E., Fitriadi, H., Pradana, Y., Dumiyati, Arifin, Saleh, M. S., Trustisari, H., Wijayanto, P. A., Khasanah, & Rinaldi, K. (2022). Digitalisasi Sebagai Pengembangan Model Pembelajaran. In Global Eksekutif Teknologi (Vol. 6, Issue 2).
Winda Sulastri. (2023). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Proses Pembelajaran di STISIP Syamsul’Ulum Kota Sukabumi. JURNAL BUANA INFORMATIKA CBI, 7(1). https://doi.org/10.53918/jbicbi.v7i1.62
Yustiasari Liriwati, F. (2023). Transformasi Kurikulum; Kecerdasan Buatan untuk Membangun Pendidikan yang Relevan di Masa Depan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.61
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â