HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DENGAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v3i1.1215Abstract
yang memiliki tugas dan tanggung jawab besar dalam mendidik, melatih dan
mengembangkan kemampuan akademik maupun non akademik peserta didik.Beberapa
kendala terkait dengan kompetensi profesional guru, antara lain: 1) belum optimalnya proses
pembelajaran di kelas yang terlihat dari tingkat penguasaan materi atau bahan ajar, 2) kurang
terampilnya guru dalam menggunakan teknik mengajar.Tujuan penelitian yang ingin dicapai
adalah ingin mengetahui Hubungan Kompetensi Profesional Guru Dengan Kreativitas Belajar
Siswa di SMPN 4 Praya Timur Kab. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk
mendapatkan data penelitian, penentuan subjek menggunakansimple random sampling karena
jumlah subjek lebih dari 100.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan
metode angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode
pelengkap.Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis statistik
dengan rumus korelasi product moment.Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini
diperoleh nilai r hitung sebesar 0,421. Selanjutnya nilai tersebut dikonsultasikan dengan nilai r
tabel product moment pada taraf signifikan 5% dengan N = 30, maka diperoleh r tabel product
moment sebesar 0,361. Kenyataan tersebut menunjukkan bahwa nilai r hitung lebih besar dari r
tabel product moment atau 0,421 > 0,361.Maka hasil analisis data dalam penelitian ini
dinyatakan Signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa “Ada hubungan
Kompetensi Profesional Guru Dengan KreativitasBelajar Siswa di SMPN 4 Praya Timur Kab.
Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017 dan hubungan tersebut berada dalam kategori
Sedang.
Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Kreativitas Belajar Siswa
References
Aqib.http://www.areabaca.com/2013/07/kre
ativitas-belajar.html. Diakses tanggal
Mei 2017 pukul 11.03
Dimyati., Mudjiono. 2006. Belajar dan
Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.
IKIP Mataram. 2011. Pedoman
Pembimbingan Dan Penulisan Karya
Ilmiah. IKIPMataram
Munandar,https://totoyulianto.wordpress.co
m/2013/03/09/pengertian-kreativitasbelajar-
menurut-para-ahli/Diakses
tanggal 19 Mei 2017 pukul 21.23
Margono. 2007(a). Metodologi penelitian
pendidhttps://gadogadozaman.blogspo
t.co.id/2016/03/kompetensiprofesionalguru.
htmlvDiakses.Jakarta: Rincian
Press
Munandar, Utami. 2002. Kreativitas dan
Keberbakatan: Strategi Mewujudkan
Potensi Kreatif dan Bakat. Gramedia
Pustaka Utama: Jakarta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta
Suharsaputra, Uhar. 2013. Administrasi
Pendidikan. PT Refika Aditama:
Bandung
Wahyudi, Imam. 2012. Mengejar
Professional Guru. Jakarta:
Prestasi Pustaka Publisher
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â