KARAKTERISTIK CARA GURU MENGAJAR DENGAN KEPUASAN SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v3i1.1216Abstract
untuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajar. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri
bahwa tinggi rendahnya kepuasan siswa banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor lain disamping
proses pengajaran itu sendiri, seperti keandalan, daya tanggap, kepastian, empati, dan
berwujud diukur dengan karakteristik cara guru mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui Karakteristik Cara Guru Mengajar Dengan Kepuasan Siswa Dalam Proses Belajar
Mengajar di SMA Negeri 1 Jerowaru Lombok Timur. Subyek penelitian ini adalah seluruh
siswa di SMA Negeri 1 Jerowaru Lombok Timur. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah metode angket sebagai metode pokok untuk memproleh data tentang karakteristik cara
guru mengajar dan kepuasan, sedangkan metode wawancara sebagai metode pelengkap.
Analisis data menggunakan rumus Koefisien kerelasi product moment. Hasil penelitian
diperoleh nilai rhitung sebesar 0,394 dan nilai rtabel sebesar 0,367 pada taraf signifikansi 5% dan
N=29, atau (0,394>0,367). Hal ini menunjukkan bahwa Hipotesis nihil (Ho) ditolak dan
Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Karakteristik cara guru mengajar dengan kepuasan siswa
dalam proses belajar mengajar masih tergolong rendah. Dengan demikian dalam kegiatan
belajar mengajar masih berlangsung normal dan tidak ada pengembangan diri secara intrinsik
maupun ektrinsik dari guru untuk meningkatkan kualitas belajar siswa di kelas.
Kata Kunci: Karakteristik Cara Guru Mengajar, Kepuasan Siswa
References
Agus Santoso. (2012). Hubungan Kepuasan
Siswa Ditinjau dari Unjuk Kerja Guru,
Fasilitas Belajar dan Keselamatan
Kerja Siswa di SMK Negeri 1 Selong
Lombok Timur Tahun Pelajaran
/2012. Mataram: IKIP Mataram.
Arikunto, S 2010. Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Dan Praktek. Jakarta:
Rineka Cipta.
IKIP Mataram, 2011. Pedoman
Pembimbingan dan penulisan Karya
Ilmiah. Mataram.
Pupuh dan Sobri, 2009. Strategi Belajar
Mengajar. Bandung: PT Reka Jaya.?
Ridwan. 2008. Metode & Teknik Menyusun
Proposal Penelitian. Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono. 2007.(a) Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2011.(b) Metodologi Penelitian
Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â