PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS I MA NW NURUL IHSAN TILAWAH LOMBOK TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v3i2.1272Abstract
(teologi), dan ilmu akhlak islam (tasawuf). Pembelajaran fiqih selama ini belum optimal
disebabkan oleh gaya mengajar guru yang belum tepat, kurangnya penggunaan media
pembelajaran dan kurangnya pemahaman guru terhadap karakteristik belajar siswa.Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih.Metode
penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan
penggunaan media audio visual yang dilaksanakan di MA NW Nurul Ihsan Tilawah Lombok
Tengah yang dibagi menjadi tiga siklus. Subjek penelitian berjumlah 21 siswa kelas I (satu)
MA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat presentase keberhasilan masing-masing
siklus, yaitu: (1) siklus I memperoleh presentase sebesar 66,7%; (2) siklus kedua mengalami
peningkatan sebesar 90,5%.Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang menggunakan
media audio visual dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, serta meningkatkan hasil
belajar siswa.
References
Arikunto, Suharsimi dkk. 2009. Penelitian
Tindakan Kelas.Jakarta: Bumi
Aksara.
Kunandar.2008. Langkah Mudah Penelitian
Tindakan Kelas Sebagai
Pengembangan Profesi Guru.
Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kustandi, Cecep dkk. 2013. Media
Pembelajaran Manual dan Digital.
Bogor: Ghalia Indonesia.
Munadi, Yudhi. 2010. Media Pembelajaran
Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta:
Press.
Sadiman, Arif., S. 2003. Media Pendidikan.
Jakarta: Raja Grafindo Persada
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â