PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS I MA NW NURUL IHSAN TILAWAH LOMBOK TENGAH

Authors

  • Ahmad Muslim IKIP Mataram, Indonesia
  • Nurjannah Nurjannah IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/vis.v3i2.1272

Abstract

Fiqih adalah bagian dari ilmu agama yang dipelajari selain dari ilmu tauhid
(teologi), dan ilmu akhlak islam (tasawuf). Pembelajaran fiqih selama ini belum optimal
disebabkan oleh gaya mengajar guru yang belum tepat, kurangnya penggunaan media
pembelajaran dan kurangnya pemahaman guru terhadap karakteristik belajar siswa.Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih.Metode
penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan
penggunaan media audio visual yang dilaksanakan di MA NW Nurul Ihsan Tilawah Lombok
Tengah yang dibagi menjadi tiga siklus. Subjek penelitian berjumlah 21 siswa kelas I (satu)
MA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat presentase keberhasilan masing-masing
siklus, yaitu: (1) siklus I memperoleh presentase sebesar 66,7%; (2) siklus kedua mengalami
peningkatan sebesar 90,5%.Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang menggunakan
media audio visual dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, serta meningkatkan hasil
belajar siswa.

References

Arikunto, Suharsimi dkk. 2009. Penelitian

Tindakan Kelas.Jakarta: Bumi

Aksara.

Kunandar.2008. Langkah Mudah Penelitian

Tindakan Kelas Sebagai

Pengembangan Profesi Guru.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kustandi, Cecep dkk. 2013. Media

Pembelajaran Manual dan Digital.

Bogor: Ghalia Indonesia.

Munadi, Yudhi. 2010. Media Pembelajaran

Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta:

Press.

Sadiman, Arif., S. 2003. Media Pendidikan.

Jakarta: Raja Grafindo Persada

Downloads

Published

2020-10-17

How to Cite

Muslim, A., & Nurjannah, N. (2020). PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS I MA NW NURUL IHSAN TILAWAH LOMBOK TENGAH. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.33394/vis.v3i2.1272

Issue

Section

Articles

Citation Check