EFEKTIFITAS PEMANFAATAN MEDIA GAME DOBE FLASH UNTUK MELATIH KEMAMPUAN INTERAKSI SISWA AUTISME

Authors

  • Dewi Rayani IKIP Mataram, Indonesia
  • Wiwiek Zainar Sri Utami IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/vis.v3i2.1273

Abstract

Autisme merupakan gangguan perkembangan yang ditandai dengan kegagalan
dalam interaksi , komunikasi dan perilaku. Anak dengan gangguan ini dikatakan hidup dalam
dunianya sendiri. Salah satu penanganan autisme dengan pemberian terapi. Adapun materi
yang ada dalam teripi ini dikemas dalam bentuk game adobe flash. Adapun tujuan penlitian
ini adalah untuk mengetahui efektifitas game adobe flash untuk melihat kemampuan interaksi
pada anak autisme. Penelitian ini menggunakan metode ekperimental dengan one group ,
pretest-posttest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah 3orang siswa autisme di SLB
Pembina Provinsi NTB. Pengambilan data dalam penelitian ini dengan observasi dengan uji
statistic Wilcoxon march pairs tes. Adapun hasil yang didapatkan adalah signifikan hal ini
ditunjukkan berdasarkah adanya perbedaan nilai pretes dan posttest dengan taraf signifikansi
5%. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan game adobe
flash sangat efektif untuk melatih kemampuan interaksi siswa autime

References

Arikunto, Suharsimin, 2010. Prosedur

Peneltian Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarta. PT Rineka Cipta. Jakarta

Bambang, S. Arifin.,2015. Psikologi Sosial.

Bandung. Pustaka Setia

Handojo, y., 2009 Autisme pada Anak,

Menyiapkan anak Autis untk mandiri

dan masuk Sekolah Reguler dengan

Metode ABA basic. Jakarta Buana Ilmu

Populer.

M.Ali dan Mohammad Asrori, 2004.

Psikologi Remaja Perkembangan

Peserta Didik. Jakarta Bumi Aksara

Sugiono., 2013 , Metode penelitian kualitatif

,Kuantitatif an R &D . Bandung.

Alfabeta

Slamet, Santoso. 2010 Teori-Teori Psikologi

Sosial. Bandung Refika Aditama

Triantoro, Safaria., 2005. Autisme

Pemahaman Baru untuk Hidup

Bermakna bagi Orang Tua .

Yogyakarta. Garaha ilmu

Wiwik, z. 2015., Pengembangan Modifikasi

Game dobe flash jurnal. IKIP

Mataram

Yuwono, Joko., 2009. Memahami Autistik.

Bandung Alfabeta.

Downloads

Published

2020-10-17

How to Cite

Rayani, D., & Sri Utami, W. Z. (2020). EFEKTIFITAS PEMANFAATAN MEDIA GAME DOBE FLASH UNTUK MELATIH KEMAMPUAN INTERAKSI SISWA AUTISME. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.33394/vis.v3i2.1273

Issue

Section

Articles

Citation Check