EFEKTIFITAS PEMANFAATAN MEDIA GAME DOBE FLASH UNTUK MELATIH KEMAMPUAN INTERAKSI SISWA AUTISME
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v3i2.1273Abstract
dalam interaksi , komunikasi dan perilaku. Anak dengan gangguan ini dikatakan hidup dalam
dunianya sendiri. Salah satu penanganan autisme dengan pemberian terapi. Adapun materi
yang ada dalam teripi ini dikemas dalam bentuk game adobe flash. Adapun tujuan penlitian
ini adalah untuk mengetahui efektifitas game adobe flash untuk melihat kemampuan interaksi
pada anak autisme. Penelitian ini menggunakan metode ekperimental dengan one group ,
pretest-posttest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah 3orang siswa autisme di SLB
Pembina Provinsi NTB. Pengambilan data dalam penelitian ini dengan observasi dengan uji
statistic Wilcoxon march pairs tes. Adapun hasil yang didapatkan adalah signifikan hal ini
ditunjukkan berdasarkah adanya perbedaan nilai pretes dan posttest dengan taraf signifikansi
5%. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan game adobe
flash sangat efektif untuk melatih kemampuan interaksi siswa autime
References
Arikunto, Suharsimin, 2010. Prosedur
Peneltian Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta. PT Rineka Cipta. Jakarta
Bambang, S. Arifin.,2015. Psikologi Sosial.
Bandung. Pustaka Setia
Handojo, y., 2009 Autisme pada Anak,
Menyiapkan anak Autis untk mandiri
dan masuk Sekolah Reguler dengan
Metode ABA basic. Jakarta Buana Ilmu
Populer.
M.Ali dan Mohammad Asrori, 2004.
Psikologi Remaja Perkembangan
Peserta Didik. Jakarta Bumi Aksara
Sugiono., 2013 , Metode penelitian kualitatif
,Kuantitatif an R &D . Bandung.
Alfabeta
Slamet, Santoso. 2010 Teori-Teori Psikologi
Sosial. Bandung Refika Aditama
Triantoro, Safaria., 2005. Autisme
Pemahaman Baru untuk Hidup
Bermakna bagi Orang Tua .
Yogyakarta. Garaha ilmu
Wiwik, z. 2015., Pengembangan Modifikasi
Game dobe flash jurnal. IKIP
Mataram
Yuwono, Joko., 2009. Memahami Autistik.
Bandung Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â