Peran Mahasiswa Administrasi Pendidikan Universitas Jambi Dalam Pelaksanaan Program Kampus Merdeka Angkatan 5

Authors

  • Zoya Marina Salsa Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia, Indonesia
  • Aprilia Dwiyanti Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia, Indonesia
  • Putri Meiza Rinda Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia, Indonesia
  • Muhammad Novriyanto Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/vis.v12i2.12806

Abstract

Abstract: The Teaching Campus is one (of eight) Learning Campus activity programs launched by the Ministry of Education, Culture, Research and Technology (Kemendikbud Ristek). The research method uses qualitative methods. The population came from students from the Jambi University Educational Administration study program from Class 5 Teaching Campus alumni. Using interview techniques. The results of this research illustrate that Education Administration students understand that campuses teach government programs with a contribution to implementing mandatory programs related to literacy, numeracy and technology adaptation. One of the obstacles to teaching campuses is the internal understanding of the school that houses the Teaching Campus.

Key Words: Educational Administration, Literacy, Numeracy, Digital Adaptation

Abstrak: Kampus Mengajar merupakan salah satu (dari delapan) program kegiatan Kampus Belajar yang dicanangkan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Populasi berasal dari Mahasiswa program studi Administrasi Pendidikan Universitas Jambi dari alumni Kampus Mengajar Angkatan 5. Menggunakan Teknik wawancara. Dari hasil penelitian tersebut menggambarkan bahwa mahasiswa Admistrasi Pendidikan memahami bahwa kampus mengajar program pemerintah  dengan kontribusi menjalankan program wajib yang berkaitan dengan literasi, numerasi dan adaptasi teknologi. Hambatan dari kampus mengajar salah satunya yaitu dalam hal pemahaman internal dari sekolah yang menampung Kampus Mengajar.

Kata Kunci: Administrasi Pendidikan, Literasi, Numerasi, Adaptasi Digital

References

Anugrah, T. M. F. (2021). Implementasi pelaksanaan program kampus mengajar angkatan 1 terdampak pandemi covid-19. Akselerasi: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(3), 38-47

Adellia, R., & Himawati, I. P. (2021, September). Aktualisasi Peran Mahasiswa Melalui Kegiatan Kampus Mengajar di SD Muhammadiyah Lahat. In SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 3, pp. 142-150).

Rezania, V., & Rohmah, J. (2021). Student Self-Development Through Kampus Mengajar Angkatan 1 Program At Sdit Madani Ekselensia Sidoarjo. JCES (Journal of Character Education Society), 4(4).

Tobing, E., Junaedi, Irbath, N., Wagiran, Ginting, M., Putri, A. A., Jesica, A. M., Sunarni, R. R., Cahyono, E., Hendrastomo, G., Nursa’ban, M., Sondang, A., Fitriana, N., WY, H. J., Sampe, M. Z., Sandi, F. A., & Aryo, R. (2022). Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 3 Tahun 2022. Direktorat Pembelajaran Dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi, 1–71

Yuniarti, R., & Sriwahyuni, M. (2022). Peran Mahasiswa Dalam Mensukseskan Program Kampus Mengajar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Jimakukerta), 2(2), 434-441.

Horne, Harrel. H. (2021). The Philosophy Of Education: Filsafat Pendidikan. Indoliterasi.

Diogenes, L., & H. R. D. (1959). Lives of Eminent Philosophers. W. Heinemann.

Nainggolan, E., Arta, B. Y., & Susanti, S. (2022). Peranan Mahasiswa Mengimplemtasikan Literasibahasa Melalui Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Negeri 200207 Padangsidempuan. Jurnal Handayani Pgsd FIP UNIMED, 13(1), 130-134.

Rahmadani, A., Syariful, S., & Restavia, O. (2022). Dampak program kampus mengajar terhadap keterampilan pemberian layanan bimbingan konseling di sekolah dasar: Studi kualitatif pada mahasiswa BKI Universitas Al-azhar Indonesia. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 7(1), 443582.

Kemendikbud Ristek (2021) Data Referensi. Available at: https://referensi.data.kemdikbud.go.id/tabs.php?npsn=20328710.

Kemendikbudristek (2021) Ditjen Dikti Apresiasi Antusiasme Mahasiswa yang Tinggi terhadap Kampus Mengajar. Retrieved February 14, 2021 Available at: https://www.kemdikbud.go.id/main /blog/2021/02/ditjen-diktiapresiasi-antusiasme-mahasiswayang-tinggi-terhadap-kampusmengajar.

Fahmy, Z. et al. (2021) ‘Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar’, Sastra Indonesia, 10(2), pp. 121–126. doi: 10.15294/jsi.v10i2.48469.

Makdori, Y. (2019) ‘Minat Baca Anak Indonesia di Bawah Malaysia, Ini Tanggapan Mendikbud Nadiem’, Merdeka.com. Retrieved December 4, 2019 Available at: https://www.merdeka.com/peristiw a/minat-baca-anak-indonesia-dibawah-malaysia-ini-tanggapanmendikbud-nadiem.html

Kemendikbud. (2021). Buku Saku Utama Aktivitas Mahasiswa Program Kampus Mengajar 2021. Jakarta.

M. Hilmi, F. N. (2022). Tantangan dan Solusi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 2 di Yogyakarta. J. Mhs. FIAI-UII, at-Thullab, vol. 4, no. 2, 1156-1180.

Downloads

Published

2024-11-05

How to Cite

Marina Salsa, Z., Dwiyanti, A., Meiza Rinda, P., & Novriyanto, M. (2024). Peran Mahasiswa Administrasi Pendidikan Universitas Jambi Dalam Pelaksanaan Program Kampus Merdeka Angkatan 5. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 12(2), 117–121. https://doi.org/10.33394/vis.v12i2.12806

Issue

Section

Articles

Citation Check