HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN DENGAN KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS VII MTs MANBA’UL BAYAN LINGKUNG KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Authors

  • Ismariyati Kiwang IKIP Mataram, Indonesia
  • Ani Endriani IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/vis.v4i2.3000

Abstract

Kepribadian adalah  ketrampilan atau kecakapan sosial (social skill), dan kesan yang paling menonjol, yang ditunjukan seseorang terhadap orang lain (seperti seseorang yang dikesankan sebagai orang yang agresif atau pendiam). Sedangkan kecerdasan emosi adalah kemampuan untuk mengenali diri sendiri, mengelola emosi dengan produktif, dan membina hubungan dengan baik, mengenali perasaan sewaktu perasaan yang dirasakan terjadi merupakan dasar kecerdasan emosional. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara kepribadian dengan  kecerdasan emosi siswa kelas VII MTs.Manba’ul Bayan  Lingkung Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Adapun tujuan dalam  penelitian ini adalah sebagai berikut: untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kepribadian dengan  kecerdasan emosi siswa kelas VII MTs. Manba’ul Bayan  Lingkung Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016.Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII di MTs. Manba’ul Bayan Lingkung Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 7 laki-laki dan 12 perempuan. Metode pengumpulan data adalah metode angket sebagai metode pokok dan metode wawancara, observasi serta dokumentasi sebagai metode pelengkap. Tekhnik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus  product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kepribadian dengan kecerdasan emosi siswa pada kelas VII di MTs. Manba’ul Bayan Lingkung Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelejaran 2015/2016 , diperoleh berdasarkan analasisi data  pada siswa kelas VIII SMPN Negeri 6 Praya Timur Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016, di peroleh berdasarkan analisis data menggunakan rumus product moment diperoleh hasil yakni r hitung sebesar 0,579, sedangkan nilai r tabel pada taraf signifikansi 5%  dengan N = 19 tersebut diperoleh sebesar 0,456. Dengan demikian, nilai r hitung menunjukkan lebih besar dari pada nilai r tabel sebesar 0,579 atau (0,58> 0,456. Kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Ada hubungan antara kepribadian dengan kecerdasan emosi siswa pada kelas VII di MTs. Manba’ul bayan Lingkung Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelejaran 2015/2016 Signifikan.  
Kata Kunci : Kepribadian, Kecerdasan Emosi

References

Arikunto, Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta Cervone, Daniel., Pervin, Lawrence A. (2011). Kepribadian: Teori dan Penelitian. Edisi 10, Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika. Eni Ekawati. (2011). Hubungan Antara Pemahaman Diri Dengan Pengendalian Emosi Siswa SMP Negeri 1 Kayangan Lombok Utara Tahu Pelajaran 2010/2011(skripsi) IKIP Mataram. Fatimah, Enung. (2008). Psikologi Perkembangan. Bandung : CV. Pustaka Setia Nurihsan. Juntika.(2009).Landasan Bimbinga n dan Konseling: Bandung PT.Remaj a Rosdakarya Purwanto Ngalim M. (2013). Psikologi pendidikan Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sobur, Alex.(2009). Psikologi Umum. Bandung : CV. Pustaka Setia. Yusuf Syamsu (2011). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakary

Downloads

Published

2020-10-16

How to Cite

Kiwang, I., & Endriani, A. (2020). HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN DENGAN KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS VII MTs MANBA’UL BAYAN LINGKUNG KABUPATEN LOMBOK TENGAH. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.33394/vis.v4i2.3000

Issue

Section

Articles

Citation Check