EFEKTIFITAS PEMANFAATAN MEDIA GAME DOBE FLASH UNTUK MELATIH KEMAMPUAN INTERAKSI SISWA AUTISME

Authors

  • Dewi Rayani BK-IKIP Mataram, Indonesia
  • Wiwik Zainar Sri Utami IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/vis.v4i1.3014

Abstract

Autisme merupakan gangguan perkembangan yang ditandai dengan kegagalan dalam interaksi , komunikasi dan perilaku. Anak dengan gangguan ini dikatakan hidup dalam dunianya sendiri. Salah satu penanganan autisme dengan pemberian terapi. Adapun  materi yang ada dalam teripi ini dikemas dalam bentuk game adobe flash. Adapun tujuan penlitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas game adobe flash untuk melihat kemampuan interaksi pada anak autisme. Penelitian ini menggunakan metode ekperimental dengan one group , pretest-posttest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah 3orang siswa autisme di SLB Pembina Provinsi NTB. Pengambilan data dalam penelitian ini dengan observasi dengan uji statistic Wilcoxon march pairs tes. Adapun hasil yang didapatkan adalah signifikan hal ini ditunjukkan berdasarkah adanya perbedaan nilai pretes dan posttest dengan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan game adobe flash sangat efektif untuk melatih kemampuan interaksi siswa autime. Kata Kunci: Media Game Dobe Flash, Autisme    LATAR

References

Arikunto, Suharsimin, 2010. Prosedur Peneltian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. PT Rineka Cipta. Jakarta Bambang, S. Arifin.,2015. Psikologi Sosial. Bandung. Pustaka Setia Handojo, y., 2009 Autisme pada Anak, Menyiapkan anak Autis untk mandiri dan masuk Sekolah Reguler dengan Metode ABA basic. Jakarta Buana Ilmu Populer. M. Ali dan Mohammad Asrori, 2004. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta Bumi Aksara Sugiono., 2013 , Metode penelitian kualitatif , Kuantitatif an R &D . Bandung. Alfabeta Slamet, Santoso., 2010 Teori-Teori Psikologi Sosial. Bandung Refika Aditama Triantoro, Safaria., 2005. Autisme Pemahaman Baru untuk Hidup Bermakna bagi Orang Tua . Yogyakarta. Garaha ilmu Wiwik, z. 2015., Pengembangan Modifikasi Game dobe flash jurnal. IKIP Mataram Yuwono, Joko., 2009. Memahami Autistik. Bandung Alfabeta

Downloads

Published

2019-04-10

How to Cite

Rayani, D., & Utami, W. Z. S. (2019). EFEKTIFITAS PEMANFAATAN MEDIA GAME DOBE FLASH UNTUK MELATIH KEMAMPUAN INTERAKSI SISWA AUTISME. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.33394/vis.v4i1.3014

Issue

Section

Articles

Citation Check