PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 5 BANYUMULEK KABUPATEN LOMBOK BARAT
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v5i1.3119Abstract
Tujuan yang ingin dicapai didalam penelitian ini adalah untuk mengetahui meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 5 Banyumulek dengan menerapkan model Problem Based-Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data aktivitas guru dan siswa diambil menggunakan lembar observasi, sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus. Dari hasil observasi terhadap aktivitas siswa dan guru pada siklus I dan II menujukkan bahwa, persentasi ketercapaian siswa pada siklus I adalah 53%. Pada siklus II persentasi ketercapaian siswa adalah 80%, sedangkan dari hasil observasi aktivitas terhadap guru pada siklus I dan siklus II menujukkan bahwa persentasi ketercapaian guru pada siklus I adalah 80%, dan pada siklus II persentasi ketercapaian guru adalah 100%, dan hasil evaluasi siswa pada siklus I diperoleh persentasi ketuntasan belajar siswa sebesar 71.42%, sedangkan pada siklus II diperoleh persentasi ketuntasan belajar siswa sebesar 89.29%. Sehingga terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 17.78%, ini menandakan bahwa dengan penerapan metode Problem Based-Learning dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa pada materi pokok pengerjaan hitung bilangan pecahan di kelas V SD Negeri 5 Banyumulek tahun pelajaran 2019/2020.
Â
Kata kunci: Prestasi Belajar, Problem Based Learning
Â
References
Aren, R. I. (2008). Learning to teach (7th ed). New York: McGraw Hill Companies.
Aqib, Z. (2006). Penelitian tindakan kelas. Bandung: Yarma Widya.
Barrows. (1982). Problem based-learning an approach of medical education. New York: Springer Publishing.
Cheong, F. (2008). Using a problem based learning approach a teach an intelligent system course. Jurnal of Information Technologi Education.
Djamarah, S.B. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Duch, B. J., Groh, S. E., & Allen, D. E. (2000). The power of problem based learning: a practical “how to†for teaching undergraduate courses in any discipline. Sterling: Stylus Publishing LLC.
Gintings, A. (2008). Esensi praktis belajar dan pembelajaran. Bandung: Humanior.
Hamalik, O. (2001). Perencanaan pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Irzani. (2010). Pembelajaran matematika panduan praktis untuk pengajaran SD dan MI. Yogyakarta: Mandiri Graffindo Press.
Irzani. (2009). Strategi belajar mengajar matematika. Yogyakarta: Media Grafindo Press.
Kusmiati. (2006). Model-model penelitian. Jakarta: Gramedia.
Leven, B. B. (2001). Energizing teacher education and profesional development with problem based learning. Alexandria: Association for Supervision and Curricculum Development (ASCD).
Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Munadi, Y. (2008). Media pembelajaran. Jakarta Gaung: Press Persada.
Nurkencana, W. (1983). Evaluasi hasil belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Nur, A. (2004). Matematika klas IV sekolah dasar. Karangano: Cempaka Putih.
Pepper, C. (2009). Problem based learning in science. Jurnal: Issues in Educational Research. Volume 9 (2).
Ruseffendi. (2009). Strategi belajar mengajar matematika. Yogyakarta: Media Grafindo Press ,.
Sanjaya, W. (2008). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Fajar Interpratama.
Tan, Oon-Seng. (2009). Problem based learning and creativity. Singapore: Cengage Learning Asia Pte Ltd.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â