PERSEPSI SISWA MENGENAI MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER YANG COCOK UNTUK GENERASI MUSLIM MILENIAL DI KOTA MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v5i1.3120Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi siswa mengenai pendidikan karakter yang cocok untuk generasi muslim milenial di Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuanitatif dengan teknik survey. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik Slovin. terpilih 25 sekolah tingkat menengah atas. Jumlah responden sebanyak 325 orang yang dipilih secara acak (random sampling). Hasil survey menemukan bahwa (1) sebanyak 95% siswa menegah atas di Kota Mataram adalah muslim milenialis.(2) ada sembilan karakter siswa muslim milenial; (3) ada tujuh prinsip pendidikan karakter yang cocok untuk siswa muslim milenial; (4)menemukan manajemen pendidikan karkter yang cocok dengan siswa muslim milenial; (5) Budayasekolah yang cocok dengan generasli muslim milenial; (6) Kepemimpinan sekolah yang cocok untuk generasi muslim milenial. Survey merekomendasikan agar (1) ke depan sekolah perlu merancang pendidikan karakter yang sesuai dengan karakter generasi muslim milenial dan prinsip pendidikan karakter muslim milenial. (2) ke depan sekolah perlu merancang budaya sekolah yang sesuai prinsip dan karakter generasi muslim milenial; (3) menyiapkan kepemimpinan sekolah yang cocok dengan karakter dan prinsip pendidikan karakter generasi muslim milenial.
Â
Kata Kunci: Persepsi Siswa, Manajemen, Pendidikan Karakter, Generasi Muslim Milenial
References
Centre For Strategic and International Studies (CSIS), 2017. Ada Apa Dengan Milenial?
Orientasi Sosial, Ekonomi Dan Politik. Jakarta: RilisdanKonferensiPersSurvei CSIS 2017
Noorhaidi Hasan (2017) LiteraturKeislamanGenerasiMilenialTransmisi, Apropriasi, Dan Kontestasi. Yogyakarta: UIN SunanKalijaga Press
Strauss, W., & Howe, N. (1991). Generations: The History of America’s Future, 1584 to 2069. New York, NY: William Morrow and Company.
USchamberfoundation.org “National Chamber Foundation (NCF), TheMilenial Generation Research Reviewâ€.
Wartakota.com. 2020.Survei Tingkat KarakterPesertaDidik di JenjangPendidikanMenengah Level Nasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â