TELAAH FILSAFAT PENDIDIKAN ESENSIALISME DALAM PENDIDIKAN KARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v5i2.3359Abstract
Pembentukan karakter bangsa melalui pendidikan menjadi salah satu tujuan dalam pelaksanaan pendidikan di Indonesia. Pembentukan karakter sejak dini menjadi penting untuk menguatkan nilai-nilai kebangsaan yang implementatif. Membentuk perilaku dengan standar nilai- nilai yang dibangun oleh masyarakat yang bersifat ideal dan absolut. Dalam pelaksanaannya tentu harus dikuatkan dengan landasan filosofis yang terintegrasi dan terukur sehingga keterwujudan karakter melalui pendidikan terinternalisasi dengan baik. Dalam hal ini Filsafat pendidikan Essensialisme merupakan salah satu filsafat pendidikan yang bisa dugunakan sebagai pondasi epistemologi dalam merumuskan formulasi pendidikan karakter di Indonesia. Filsafat pendidikan essensialisme menekankan untuk tidak terjadinya interaksi belajar yang kaku, namun lebih kepada pemaknaan kemajuan Ilmu pengetahuan dan kebudayaan serta nilai-nila yag dipegang teguh dalam kegidupan. Penguatan nilai melalui pendidikan karakter harus dihajatkan untuk membentuk manusia yang siap dalam segala kondisi dan tantangan yang melekat padanya. Dalam mewujudkan tujuan pendidikan yang berorientasi pada pendidikan karakter juga dilihat dari dasar-dasar filsafat pendidikan yang diintegrasikan.
Â
Kata Kunci: Pendidikan Essensialisme, Pendidikan KarakterReferences
Abdullah, M. Yatimin. 2007. Studi Akhlak dalam Perspektif Al-Qur’an. Jakarta: Amzah.
Anwar, Saeful. 2007. Filsafat Ilmu Al- Ghazali Dimensi Ontologi dan Aksiologi. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Barnabid, Imam. 1997. Filsafat Pendidikan, Sistem dan Metode, Yogyakarta: Andi Offset
Jalaluddin & Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan; Manusia, Filsafat, dan Pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama
Muhmidayeli. 2013. Filsafat Pendidikan. Bandung: Refika Aditama
Mulyasa, H.E. Menjadi Guru Profesional, Bandung, Remaja Rosda Karya, 2005
Munir, Abdullah, Pendidikan Karakter Membangun karakter Anak sejak dari Rumah, Pedagogia, Yogyakarta, 2010
Saidah. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Raja grafindo persada, 2016.
Usiono. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Jakarta: Hijri Pustaka Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â