PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DI TK DARUL MUHSININ
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v4i2.3575Abstract
Kemampuan kognitif ini merupakan akal pikiran dari manusia yang harus dikembangkan bersamaan dengan kemampuan yang lainnya (Bahasa,sosial-emosional, moral dan agama). Tulisan mengakaji tentang pengembangan kemampuan kognitif anak melalui pendekatan pembelajaran kontektual teaching lerning yang berlndaskan oleh beberapa makna atau arti tentang kognitif yaitu; 1) kognitif adalah kemampuan untuk berpikir secara abstrak. 2). bahwa kognitif adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan, 3) kognitif adalah intelektual ditambah dengan pengetahuan, 4). bahwa kognitif adalah teknik untuk memproses informasi yang disediakan oleh indra. Terdapat beberapa alternative yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan kognitif yaitu dengan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching Learning dapat diterapkan dalam kurikulum apa saja, bidang study apa saja, dan kelas yang bagaimanapun keadaannya, dalam pendekatan pembelajaran Contextual Teaching Learning dengan melakukan hal sebagai berikut: (1). menstimulasi pemikiran anak dengan cara bekerja sendiri, dan mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan keterampilan barunya. (2) melakukan pembelajaran melalui kegiatan inkuiri untuk semua topic/tema (3). Mengembangkan rasa ingin tahu dengan memberikan kesempatan untuk bertanya. (4). menciptakan suasana masyarakat belajar. (5). Menghadirkan contoh pembelajaran melalui refleksi di akhir pertemuan (5). Melakukan penilaian .penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk pendidikan, teknik pengumpulan datanya adalah; metode tes,wawancara dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kontextual teaching learning dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak pada kelompok B di TK darul Muhsinin.
Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, Contextual Teaching Learning
References
Gagne Robert M. and Lesilie J,Bringgs,prinsip les of Instruksional Design, New York: holt, rikhart, anda Wiston,1999.
Suherli, Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning). Dalam http://irfarazak.blogspot.com/2009/04/model-pembelajaran-kontekstual.html
Saekhan,2008. Pembelajaran Kontektual.Jakarta RaSAIL Media Group.
Suyatno, Beda Strategi, Model, Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran dalam http://www.klubguru.com, 03 Maret
Hurlock. E. B. 1995. Perkembangan Anak, jilid 2 edisi ketujuh. Jakarta. PT. Gelora Pratama.
Nurani Sujiono, Yuliani dkk. 2006. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta:Universitas Terbuka.
Sukmadinata, N. S. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja Rosdakarya.
Isaac, S. & Michael, W. B (1984). Handbook In Research And Evaluation: For Education and The Behavioral Science. San Diego: California 92107 Edit Publisher.
Setyosari, P., dan Widijoto, H. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Arikunto, S.2013. Prosedur Penelitian Suatu Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta. Rineka Cipta.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan B.Bandung.
Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â