INOVASI FASILITAS PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4083Abstract
Kata kunci : Perpustakaan Ramah Anak, Inovasi Perpustakaan ,Meningkatkan Minat Baca
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca peserta didik dengan cara melakukan inovasi perpustakaan sekolah ramah anak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif agar dapat mendalami, menggambarkan dan menjelaskanaspek-aspek peranan perpustakaan sekolah ramah anak dalam meningkatkan minta baca. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer merupakan data yang didapatkan secara langsung dan dikumpulkan oleh peneliti dari sumber utama, sedangkan sumber data sekunder merupakan data tambahan yang didapatkan secara langsung dan dikumpulkan oleh peneliti  dari sumber utama. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil inovasi fasilitas perpustakaan yang dihasilkan yaitu Peserta didik yang sebelumnya tidak tertarik untuk mengunjungi menjadi lebih semangat dan dan betah berada didalam perpustakaan salah satunya saat jam pelajaran kosong. Bagi petugas perpustakaan, mendapatkan pengetahuan baru di bidang perpustakaan.References
Bafadal, I. (2009). Pengolahan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Kadi, T. Awwaliyah, R. (2017). Inovasi Pendidikan : Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara. Vol. 01 No. 02 Juli - Desember 2017. Journal homepage: www.jurnalnu.com
Lasa, HS. (2008). Tata Ruang Perpustakaan Perguruan Tinggi. Pustakawan Utama Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. uNJE Jurnal Perpwtabaan, VoL 1 No. 1 Tahun 2008: 76-81.
Masruri, A., Kuntoro, S. A., & Arikunto, S. (2016). Pengembangan Kompetensi dan Pendidikan Berkelanjutan Pustakawan PTAIN: Studi Kasus di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 4(1), 1–14.
Nawangsari, D. (2010). Urgensi Inovasi dalam Sistem Pendidikan. JURNAL FALASIFA. Vol. 1 No.1 Maret , 17.
Niswaty, dkk. (2020). Fasilitas Perpustakaan Sebagai Media Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Makassar. ISSN(p): 2354-9629. ISSN(e): 2549-1334. Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan Vol. 8 No.1, Januari – Juni 2020
Wijaya, N.A dan Tulistyantoro, L. (2016). Perancangan Interior Perpustakaan Anak di Surabaya. Program Studi Desain Interior, Universitas Kristen Petr. Jurnal Intra Vol. 4, No. 2, (2016) 374-385
Lawe, L. dkk. (2016). Peran Fasilitas Perpustakaan Terhadap Kinerja Pustakawan Di Badan Perpustakaan Arsip Dan Dokumentasi Provinsi Sulawesi Utara. Acta Diurna, vol. 5, no. 3.
Moenir. (2001). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT BumiAksara
Moleong, J.L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahayu. LTI. (2016). Hubungan Minat Membaca Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Materi Menulis Karangan Pada Warga Belajar Kejar Paket C Di Pkbm Al-Firdaus Kabupaten Serang. Vol. 1. No 2 Hlm. 188 - 201 Agustus 2016 ISSN 2541-1462
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â