PENGARUH KEPEMIMPINAN KHARISMATIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU SMA ISLAM AL-ASHAR NW KAYANGAN BATU LAYAR KABUPATEN LOMBOK BARAT
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4084Abstract
Kebutuhan kajian tentang kepemimpinan dan kinerja guru di tengah-tengah rendahnya kualitas pendidikan di negeri ini masih sangat diperlukan. Kepala sekolah di masa mendatang dituntut mampu menyelaraskan sumberdaya dan potensi sekolah untuk mencapai kinerja yang tinggi menuju kualitas pendidikan yang lebih baik. Untuk itu tujuan penelitianya untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kharismatik kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru SMA Islam Al-Ashar NW Kayangan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMA Islam Al-Ashar NW Kayangan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat yang berjumlah 30 orang guru, jadi dalam penelitian diambil semua populasi, sehingga merupakan penelitian populasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket sebagai metode pokok, sedangkan metode observasi dan dokumentasi sebagai metode pelengkap, metode analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus Chi Square. Hasil penelitian bahwa nilai x 2hitung analisis lebih besar dari pada nilai x 2tabel (46,799 > 42,56), Karena x 2hitung lebih besar dari harga x 2tabel, maka penelitian ini dikatakan signifikan. Hal ini berarti bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: Ada Pengaruh Kepemimpinan Kharismatik Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru SMA Islam Al-Ashar NW Kayangan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat, sehingga dapat disimpulkan “signifikanâ€.
Â
Kata Kunci: Kepemimpinan Kharismatik, Motivasi Kerja Guru
Â
References
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Alfian, Alfan. 2009. Menjadi Pemimpin Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,
Atin Kurniatin. 2010. “Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah di SMAN 8 Kabupaten Tangerangâ€. Jakarta: Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Budiono, dkk. 2004. Metodelogi Research. Bandung: CV. Tarsito.
Danim, Sudarwan. 2010. Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Engkoswara dan Komariah, Aan. 2012. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Marshall dan Molly. 2011. Prinsip-Prinsip Kepemimpinan. Jakarta: Erlangga.
Mulyasa. 2013. (a). Manajemenn dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa. 2013. (b). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Musfah, Jejen. 2015. Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakandan Praktis. Jakarta: Kencana.
Sagala, Syaiful. 2013. Administrasi Pendidikan Konteporer, Bandung: Alfabeta.
Siagian, Sondang P. 2013. (b). Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2007. Statsistik Untuk Penelitia. Bandung: CV. Alfabeta.
Syagala, Syaiful. 2012. Administrasi Pendidikan Konteporer. Bandung: Alfabeta.
Usman, Husaini. 2010. Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Edisi II, Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â