ANALISIS DIGITAL MARKETING PADA HOTEL KILA DI KABUPATEN LOMBOK BARAT TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4085Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Digital Marketing Pada Hotel Kila Di Kabupaten Lombok Barat Terhadap Kepuasan Konsumenâ€. Penelitian ini dilakukan di Hotel Kila Sengiggi Beach, dengan jumlah responden 100 orang. Konsumen yang dijadikan responden pada penelitian ini diambil secara acak dan telah menginap lebih dari tiga kali. Penelitian ini bertujuan untuk melihat analisis digital marketing yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Dalam penelitian ini ada 2 (dua ) variable yang diteliti yaitu aksesbilitas dan interaktivitas. Analisis data yang digunakan adalah AnalisisFishbein Attitudeanalisis ini digunakan untuk mengetahui digital marketing yang mana yang paling responden tertarik sehingga memiliki keinginan untuk menginap kembali di Hotel Kila Sengiggi Beach. Berdasarkan analisis kepuasan konsumen  menunjukkan konsumen sudah merasa puas dengan layanan digital marketing  yang diberikan Hotel Kila Sengiggi Beach. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil rata-rata sikap responden terhadap variabel digital marketing  Hotel Kila Sengiggi Beach di atas angka 3,00. Dan dari ke-dua variabel digital marketing layanan variable aksesbilitasmemiliki angka tertinggi yaitu 3,46, sehingga hal itu yang membuat konsumen merasa puas dan berperilaku untuk menginap lagi di Hotel Kila Sengiggi Beach.Â
Keywords :Digital Marketing, kepuasan konsumen.
References
Aaker, David A., V. Kumar, & George S. Day. 2001. Marketing Research, 7thed, John Wiley &Sons: Inc.
Engel, J. F, R. D. Blackwell, dan P. W. Miniard. 1994. Consumer Behavior (Perilaku Konsumen, alih bahasa : Budijanto). Edisi ke-6. Binarupa Aksara, Jakarta.
Husein Umar, Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa, Gramedia Pustaka Indonesia, Jakarta, 2003.
Indra Liesander1 , Diah Dharmayanti,S.E.,M.Si.,Ph.D.2,2016,Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance Dengan Intellectual Capital Dan Perceived Quality Sebagai Variabel Intervening Pada Industri Hotel Bintang Lima Di Jawa Timur, Badan Penerbit Program Studi Manajemen Pemasaran, Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra
Jogiyanto. 2008. Pedoman Survei Kuesioner : Mengembangkan Kuesioner, Mengatasi Bias dan Meningkatkan Respon. Badan Penerbit Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, Yogyakarta.
Kotler, Phillip dan Gary Amstrong, Dasar -Dasar Pemasaran, terjemahan Alexander Sindoro Prehallindo, Jakarta, 2001
London, David L and Albert J Bitta,Consumer Behavior, Mc. Graww-Hill Inc, New York, 2002.
Nazir, M. 2010. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia, Bogor.
Nitisusastro, M. 2013. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Alfabeta, Bandung
Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk, Perilaku Konsumen, Indeks, Jakarta, 2004.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R and D. Alfabeta, Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â