PENGARUH TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) TERHADAP PERILAKU BULLYING
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v10i1.5114Abstract
Abstract: Counseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) is very important for students in the school, because humans have the capacity to act in ways that rational and irrational. While bullying is where there is a desire to hurt, frighten, or make others feel depressed, trauma, depression, and helplessness. Thus the formulation of the problem posed in this study are: Is There Effect of Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Against Bullying Behavior Students of SMPN 18 in academic year 2021/2022. Therefore, the technique of Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) plays an important role in addressing these problems. The objectives to be achieved by the researchers is to determine the Effect of Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Against Bullying Behavior Students of SMPN 18 in academic year 2021/2022. Data collection methods used in this study a questionnaire as the principal method, while the method of interview, observation and documentation as a complementary method. Related to this, the researchers used the data to analyze the test data analysis with the formula t t-test with the results of a calculation that the value thitung ttabel 5.628 and 2.447. Thus, this study showed thitung greater than ttable (5.628> 2.447) so the results are significant. Therefore, the researchers conclude that the null hypothesis (Ho) No Effects of Effect of Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Against Bullying Behavior Students of SMPN 18 in academic year 2021/2022.
Keywords: Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), Bullying
Abstrak: Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) sangat penting bagi siswa di sekolah, karena manusia memiliki kapasitas untuk bertindak dengan cara yang rasional maupun irasional. Sedangkan perilaku bullying adalah dimana ada hasrat untuk melukai, menakuti, atau membuat orang lain merasa tertekan, trauma, depresi, dan tak berdaya. Dengan demikian rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah: Apakah Ada Pengaruh Teknik Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Terhadap Perilaku Bullying Pada Siswa Di SMPN 18 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022. Oleh karena itu maka teknik Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) sangat berperan penting dalam menangani permasalahan tersebut. Adapun tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah untuk mengetahui Pengaruh Teknik Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Terhadap Perilaku Bullying Pada Siswa Di SMPN 18 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket sebagai metode pokok, sedangkan metode wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Terkait dengan hal tersebut maka untuk menganalisis data peneliti menggunakan analisis data uji t dengan rumus t-test dengan hasil penghitungan bahwa Nilai thitung sebesar 5,628 dan ttabel 2,447. Dengan demikian maka penelitian ini menunjukan thitung lebih besar dari ttabel (5,628>2,447) sehingga hasilnya signifikan. Oleh karena itu peneliti mengambil kesimpulan bahwa hipotesis nol (Ho) Tidak Ada Pengaruh Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Terhadap Perilaku Bullying ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) Ada Pengaruh Teknik Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Terhadap Perilaku Bullying Pada Siswa Di SMPN 18 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022 diterima.
Kata Kunci : Teknik Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), Bullying
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta. Achmadi dkk. 2007. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara
Adilla, 2009. “Pengaruh Kontrol Sosial terhadap Perilaku Bullying Pelajar di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Bimbingan Konseling (dalam online.https://www.google.com/Bullying.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta. Ardi Wiyani, Novan. 2012. Save Our Children From School Bullying. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Afryana, Fitri. 2015. Pengaruh Konseling Rational Emotive Therapy Terhadap Kecemasan Penolakan Teman Sebaya Pada Siswa Kelas XI di MA Rabithatussa’adah Lendang Tengak Kab. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2014/201. Mataram
Corey, G. 2005. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Penerbit Refika Aditama.
Coloroso, Barbara. 2006. Penindas, Tertindas dan Penonton. (alih Bahasa: Santi Indra Astuti). Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.
Corey, G. 20013. Teori Dan Praktik Konseling & Psikoterapi. PT Refika Aditama: Bandung
Chakrawati, Fitria. 2015. Bullying Siapa Takut. Solo: Tiga Ananda.
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Gibson & Marianne. 2011. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Belajar.
Hartono & Soedarmadji. 2012. Psokologi Konseling. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
IKIP Mataram, 2011. Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah. Mataram
Latipun, 2011. Psikologi Konseling. Malang: UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.
Mardalis, 2004. Metodologi Research Sosial. Jakarta: Rieneka Cipta.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurul, Hikmah. 2015. Pengaruh Konseling Client Centered Therapy Terhadap Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas VIII di MTs Negeri Janapria Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015. Mataram
Olweous dkk. 2012.nSave Our Children From School Bullying. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Priyatna, Andri.2010. Let’s End Bullying. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Riyanto. Yatim, 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. SIC. Jakarta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.
Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta: Bandung.
Slameto, 2003. Belajar dan faktor-faktor Yang Mempengaruhi. PT Rineka Cipta, Jakarta.
Willis, Sofian. 2004. Konseling Keluarga. Bandung: Alfabeta
Widayanti dkk.2009. Fenomena Bullying di Sekolah Dasar Di Semarang. Jurnal Psikologi Undip.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â