PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI LEADER DI MTS MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v10i2.6158Abstract
Abstract: This article is entitled the role of the madrasa head as a leader at Mts Muhammadiyah 1 Palembang. The source of data used by researchers in this study was obtained from MTs Muhammadiyah 1 Palembang. This article focuses on the role of the madrasah principal as a leader in mobilizing, directing, guiding, setting an example, and providing encouragement to teachers & staff, as well as students at MTs Muhammadiyah 1 Palembang. This study uses a descriptive qualitative research method by using data collection methods in this study are observation, interviews and documentation. The data obtained is then analyzed and presented again or data is reduced and then presented and then drawn conclusions. The results of this study indicate that the madrasah principal at MTs Muhammadiyah 1 Palembang carries out its role as a leader, by providing results in the form of achieving the vision and mission, activities that are ready to help teacher performance and encouragement of motivation for all madrasah residents by increasing the achievement and existence of educational institutions, adding facilities and infrastructure. madrasas and be a role model for all madrasa residents by applying discipline in time and in dress and behavior. The head of the madrasa is very influential in his role as a leader at MTs Muhammadiyah 1 Palembang because the leader is a leadership that influences members with various roles that must be applied in everyday life.
Keywords: madrasah principal, leader
Abstrak: Artikel ini berjudul peran kepala madrasah sebagai leader di Mts Muhammadiyah 1 Palembang. Sumber data yang digunakan peneliti pada penelitian ini diperoleh dari MTs Muhammadiyah 1 Palembang. Adapun artikel ini berfokus pada peran kepala madrasah sebagai leader dalam menggerakan, mengarahkan, membimbing, memberi teladan, serta memberi dorongan kepada guru & staff, serta siswa di MTs Muhammadiyah 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode peneltian yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan disajikan kembali atau direduksi data lalu disajikan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya kepala madrasah di MTs Muhammadiyah  1 Palembang  melaksanakan perannya sebagai leader, dengan memberikan  hasil berupa pencapaian visi misi, kegiatan yang siap membantu kinerja guru serta dorongan motivasi untuk seluruh warga madrasah dengan peningkatan prestasi dan eksistensi lembaga pendidikan, penambahan sarana dan prasarana madrasah serta menjadi teladan bagi seluruh warga madrasah dengan menerapkan disiplin waktu dan dalam berpakaian maupun bersikap. Kepala madrasah sangatlah berpengaruh dalam perannya sebagai leader di MTs Muhammadiyah 1 Palembang karena leader merupakan kepemimpinan yang sifatnya mempengaruhi anggota dengan berbagai macam peran yang harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci: Kepala Madrasah, leader
References
Dubrin, Andrew J. 2009. The Complete Ideal’s Guides: Leadership.Jakarta: Prenada
Torang, Syamsir. 2013.Organisasi dan Manajemen.Bandung: Alfabeta
Wahjosumidjo. 1995. Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grofindo Persada
Q.S An-Nisa [4], Ayat : 58
Purwanti, Sri. 2013. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Dan Pegawai di SMA Bakti Sejahtera Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur. E-Journal Administrasi Negara. 1(1). 210-224
Mulyasa. 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional.Bandung: Remaja RosdaKarya
Hasibuan, Malayu. 2006 .Manajemen Dasar, Pengertian Dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara
Wahjosumidjo. 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Hanifah, Nurdinah. 2010. Sosiologi Pendidikan. Jawa Barat: UPI Sumedng Press Permendiknas Nomor 28 tahun 2010
Kompri. 2015. Manajemen Sekolah“Orientasi Kemandirian Kepala Sekolahâ€. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Helmawati. 2014. Meningkatkan Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah Melalui Manjerial Skill. Jakarta: Rineka Cipta
Husaini, Usman. 2009. Manajemen : Teori, Praktek Dan Riset Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara
Purwanto, Ngalim. 2009. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Poerwadarminto. 1976. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Q.S Sad [38], Ayat : 26
Daryanto. 2010. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Mulyasa. 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja RosdaKarya
Hasibuan, Malayu. 2006.Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah.Bumi Aksara
Q.S Al-Baqarah [2], Ayat : 30
Wahjosumidjo. 1995.Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grofindo Persada
Kartini Kartono, Kartini. 2016.Pemimpin dan Kepemimpinan.Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Q.S Al-Hujurat Ayat : 13
Suhardiman, Budi. 2012.Studi Pengembangan Kepala Sekolah:Konsep dan Aplikasi. Jakarta : Rineka Cipta
Hidayat, Ara dan Imam Machali. 2012. Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Kaukaba
Permendiknas Nomor 13 tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah
Wahyudi. 2012. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajar.Bandung: Alfateba
Ma’mu Asmani, Jamal. 2012. Tips Menjadi Kepala Sekolah. Yogyakarta:DIVA Press
Daryanto. 2008. Administrasi Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta
Saiful Sagala, Saiful. 2009.Manajemen Strategi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan.Bandung: Alfabeta
Sugiono. 2015. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfa Bata
Suharsimi Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian.Jakarta : Rineka Cipta
Husein Umar, Husein. 2003. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
J.Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya
Wirawan. 2012. Evaluasi Teori, Model, Standar, Model, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta : Rajawali Pers
Alhabsyi, Firdiansyah dkk. 2021. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan (JIMPE). 1(1). 11-19
Kadarsih, Inge dkk. 2020. Peran dan Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(2). 194-201
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â