STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MTS NURUL MUHAJIRIN

Authors

  • Dahliah Dahliah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/vis.v10i2.6161

Abstract

Abstrak: artikel ini berjudul Strategi Kepala Sekolah Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa di MTs Nurul Muhajirin.Adapun permasalahan yang terjadi yaitu terjadinya pelanggaran yang dilakukan siswa, seperti melanggar aturan tata tertib sekolah, berkelahi dan membolos sekolah Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, siswa dan masyarakat Teknik pengumpulan data melalui metode obesrvasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa di MTs Nurul MuhajirinKepala sekolah MTs Nurul Muhajirin memiliki beberapa strategi dalam menumbuhkan kedisiplinan peserta didiknya, yaitu adanya aturan tata tertib yang jelas, memberikan teladan yang baik kepada peserta didik, memberikan pembinaan, komunikasi dengan wali murid, dan memberikan sanksi kepada peserta didik yang melanggar aturan tata tertib sekolah.

Kata Kunci: Strategi, Kepala Sekolah, Kedisiplinan Siswa

References

Ahsanti. D.; Buchori. A.; Hery. Y.(2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Siswa. Journal of Mathematics Education, Science and Technology Vol. 2, No. 2, Desember 2017. Hal. 221 – 230.

Aunurrahman. (2014).Belajar dan Pembelajaran.Bandung:Alfabeta.

Annur, S. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan (Analisis Data Kuantitatif dan Kualitatif). Palembang: Rafah Press Palembang.

Dimyati, J. (2013). Metedologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana Prenada Group.

Hakim, A. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus. Bandung: CV. Jejak.

Imron, A. (2012). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kompri. (2017). Standarisasi Kompetensi Kepala Sekolah. Jakarta: Kencana.

Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rosdakarya.

Murniyati, Fadilah Fadlilah, Samsul Huda. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Diss. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2019.

Prihatin, E. (2014). Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Rahmawati, I. K. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tim Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan. (2010). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-10-08

How to Cite

Dahliah, D. (2022). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MTS NURUL MUHAJIRIN. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 10(2), 63–72. https://doi.org/10.33394/vis.v10i2.6161

Issue

Section

Articles

Citation Check