EVALUASI KINERJA DALAM MENDUKUNG PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU (Sebuah Studi Pustaka)
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v1i1.628Abstract
Guru sebagai pendidik merupakan ujung tombak dan komponen yang paling
menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan, yang harus mendapat
perhatian sentral, pertama, dan utama. Figur yang satu ini akan senantiasa menjadi
sorotan strategis ketika berbicara masalah pendidikan, karena guru selalu terkait
dengan komponen manapun dalam sistem pendidikan. Guru sangat menentukan
keberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitannya dengan proses belajar-mengajar.
Muncul sebuah pertanyaan, mengapa peningkatan profesionalisme guru tidak
dilakukan secara sungguh-sungguh? Padahal, guru professional akan menghasilkan
proses dan hasil pendidikan yang berkualitas dalam rangka mewujudkan manusia
Indonesia yang cerdas dan kompetitif, sebagai diamanatkan dalam Undang-undang
Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas). Salah satu upaya yang dilakukan sekolah
dalam mendukung profesionalisme guru adalah evaluasi kinerja sehingga tercapainya
sekolah yang efektif.
Kata-kata kunci: evaluasi, kinerja, profesionalisme, guru.
References
Akhmadsudrajat. 2008. Konsep Penilaian
Kinerja Guru. (Error! Hyperlink
reference not valid.).
Aleamoni, L.M. (1981). Student ratings of
instruction. In J. Millman (Ed.),
Handbook of teacher evaluation
(pp. 110-145). Beverly Hills, CA:
Sage.
Depdiknas, 2007. Manajemen Sekolah.
Jakarta: Pusdiklat Depdiknas.
Jennifer M. George, Gareth, R. Jones.
Understanding and Managing
Organizational Behavior. New Jersy:
Pearson Education, Inc., Prentice Hall.
Michael, Armstrong. 2007. Employee
Reward Management And Practice
Second Edition. USA: Kogan Page
London and Philadelphia.
Mulyasa, E. 2008. Manajemen Berbasis
Sekolah. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Peterson, Ken & Kauchak, Don. 1982.
Teacher Evaluation : Perspectives,
Practices, and Promises.
Washington, D.C. : ERIC
Clearinghouse.
Robbins, P. S. 2006. Perilaku Organisasi.
PT. Indeks Kelompok Gramedia.
(Terjemahan: Organizational
Behavior, Tenth Edition by
Prentice-Hall. 2003).
Sagala, S. 2002. Administrasi Pendidikan
Kontemporer. Bandung : CV.
Alfabeta.
Sagala, S. 2009. Manajemen Strategik
Dalam Peningkatan Mutu
Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sudarwan, Danim. 2002. Inovasi
Pendidikan dalam Upaya
Peningkatan Profesionalisme
Tenaga Kepandidikan.
Bandung: CV Pustaka Setia.
Undang Undang Republik Indonesia
Nomor 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional.
Jakarta: Fokus Media.
Undang-Undang Republik Indonesia
Nomor 14 Tahun 2005 Tentang
Guru dan Dosen. Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â