STUDI LITERATUR ANALISIS KARAKTER BERDASARKAN STRUKTUR PSIKIS ANAK DAN KONTRIBUSINYA BAGI KEBERHASILAN BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v1i1.634Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk menemukan tipe-tipe karakter anak yang berhasil
dalam belajarnya, Orientasi karakter anak yang berhasil dalam belajarnya, Besarnya
konstribusi tipe karakter bagi keberhasilan belajar anak, dan strategi belajar sukses
berbasis berkarakter. Metode kajian dilakukan dengan riset pustaka dengan menggunakan
pendekatan kajian teoritis. Dari hasil kajian ditemukan empat jenis karakter yakni 1)
karakter konflicated; 2) karakter kreatif; 3) karakter otonominatif; 4) karakter efikatif.
Dengan tipe sebanyak 12 (dua belas) tipe karakter yakni: tipe sex, tipe emosional, tipe
moral, tipe superior, tipe minat sosial, tipe lifestyle, tipebody, tipe ideal, tipe identitas, tipe
regulasi, tipe efikasi diri, tipe efikasi sosial. Masing-masing tipe memiliki satu orientasi
karakter. Dari orientasi karakter tersebut kemudian akan diukur tingkat kecenderungan
masing-masing pada orientasi belajar dan berapa persen kontribusi tip karakterbagi
keberhasilan belajar anak.
References
Neil J. Salkind, 2009. TeoriteoriPerkembanganmanusia.
Penerbit
Nusa Media: Bandung
Stephen Palmquist, 2005.
FondasiPsikologiPerkemabangan.
PenerbitPustakaPelajar: Yogyakarta
Alwisol, 2014. PsikologiKepribadian.
Penerbit UMM Press: malang
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â