STUDI LITERATUR ANALISIS KARAKTER BERDASARKAN STRUKTUR PSIKIS ANAK DAN KONTRIBUSINYA BAGI KEBERHASILAN BELAJAR SISWA

Authors

  • Muhammad Faqih

DOI:

https://doi.org/10.33394/vis.v1i1.634

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk menemukan tipe-tipe karakter anak yang berhasil
dalam belajarnya, Orientasi karakter anak yang berhasil dalam belajarnya, Besarnya
konstribusi tipe karakter bagi keberhasilan belajar anak, dan strategi belajar sukses
berbasis berkarakter. Metode kajian dilakukan dengan riset pustaka dengan menggunakan
pendekatan kajian teoritis. Dari hasil kajian ditemukan empat jenis karakter yakni 1)
karakter konflicated; 2) karakter kreatif; 3) karakter otonominatif; 4) karakter efikatif.
Dengan tipe sebanyak 12 (dua belas) tipe karakter yakni: tipe sex, tipe emosional, tipe
moral, tipe superior, tipe minat sosial, tipe lifestyle, tipebody, tipe ideal, tipe identitas, tipe
regulasi, tipe efikasi diri, tipe efikasi sosial. Masing-masing tipe memiliki satu orientasi
karakter. Dari orientasi karakter tersebut kemudian akan diukur tingkat kecenderungan
masing-masing pada orientasi belajar dan berapa persen kontribusi tip karakterbagi
keberhasilan belajar anak.

References

Neil J. Salkind, 2009. TeoriteoriPerkembanganmanusia.

Penerbit

Nusa Media: Bandung

Stephen Palmquist, 2005.

FondasiPsikologiPerkemabangan.

PenerbitPustakaPelajar: Yogyakarta

Alwisol, 2014. PsikologiKepribadian.

Penerbit UMM Press: malang

Downloads

Published

2018-04-04

How to Cite

Faqih, M. (2018). STUDI LITERATUR ANALISIS KARAKTER BERDASARKAN STRUKTUR PSIKIS ANAK DAN KONTRIBUSINYA BAGI KEBERHASILAN BELAJAR SISWA. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.33394/vis.v1i1.634

Issue

Section

Articles

Citation Check