PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v1i1.638Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja kepala sekolah sebagai
motivator di SMPN 1 Gangga Kab. Lombok Utara. Subjek penelitian ini meliputi kepala
sekolah, guru, dan karyawan SMPN 1 Gangga Kab. Lombok Utara. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data
yang digunakan antara lain wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data
menggunakan model interaktif yang meliputi tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian
data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kepala
sekolah sebagai motivator di SMPN 1 Gangga Kab. Lombok Utara yaitu dengan 1)
membuat empat program, yaitu a) memfokuskan pada pengembangan kurikulum dan
kegiatan belajar mengajar di sekolah, b) mengembangkan kreativitas guru dalam mengajar
dengan membuat program tahunan, program semester, dan rencana program pembelajaran
(yang mengikuti kurikulum terbaru, yakni kurikulum 2013), c) penyediaan sarana dan
prasarana, dan d) menegakkan disiplin di lingkungan sekolah dengan memberikan contoh
hadir tepat waktu pada jam kerja; 2) pelaksanaan program kerja berjalan cukup baik.
Meskipun masih ada kendala, kepala sekolah bersikap tanggap terhadap permasalahan
yang ada dan melakukan pengawasan secara langsung dan tidak langsung; 3) kepala
sekolah melakukan evaluasi kinerja guru dan karyawan mulai dari proses pelaksanaan
sampai dengan pembuatan laporan hasil kerja; dan 4) kepala sekolah memberikan reward
kepada guru dan karyawan yang berprestasi berupa ucapan terima kasih maupun berupa
benda.
Kata kunci: Peran, Kepala Sekolah, Motivasi
References
Mulyasa, E, 2006. Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya.
Wukir, H, 2013. Manajemen Sumber Daya
Manusia Dalam Organisasi
Sekolah. Yogyakarta: Multi
Presindo.
Cholid Narbuko. (2005). Metodologi
Penelitian. Jakarta: PT Bumu
Aksara.
Depdiknas.(2006). Standar Kompetensi
Kepala Sekolah TK, SD, SMP,
SMA, SMK & SLB.Jakarta : BP.
Cipta Karya.
Dewi Irawati. (2013). Pelaksanaan
Komunikasi Koordinatif untuk
Meningkatkan Kinerja Guru dan
Karyawan di SMK
Muhammadiyah
Karangmojo.Skripsi. UNY.
Didin Kurnidin dan Imam Machali. (2013).
Manajemen Pendidikan Konsep
dan Pengelolaan Pendidikan.
Yogyakarta. AR Ruzz Media.
Handari Nawawi. (1995). Administrasi
Sekolah. Jakarta: Gunung Agung.
Handari Nawawi. (2000). Manajemen
Sumber Daya Manusia. Jakarta:
Gunung Agung.
Handari Nawawi. (2006). Evaluasi dan
Manajemen Kinerja di
Lingkungan Perusahaan dan
Industri. Yogyakarta: Gajahmada
University Press
Lelys Cristina. (2013). Gaya
Kepemimpinan Kepala Sekolah di
SMK Muhammadiyah 1 Tempel
Sleman. Skipsi. UNY
Malayu S.P Hasibuan. (2000). Manajemen
Sumber Daya Manusia,
Yogyakarta: STIE YKPN.
Moh.Surya. (2003). Pengantar Psikologi
Pendidikan, Bandung: FIP-IKIP
Bandung.
Mulyasa. (2003). Menjadi Kepala Sekolah
Profesional “ Dalam Konteks
Menyukseskan MBS dan
KBKâ€.Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Mulyasa. (2005). Menjadi Guru
Profesional Menciptakan
Pembelajaran Kreatif dan
Menyenangkan .Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â