KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v1i2.664Abstract
Berdasarkan salah satu dari empat kompetensi yang dimiliki guru yaitu
kompetensi pedagogik, guru harusnya bisa lebih memahami peserta didiknya baik dari
aspek fisik, intelektual, sosial, emosional, moral, dan latar belakang sosial budaya.
Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah: Apakah ada korelasi
antara kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar siswa di SMPN 1 Praya
Barat tahun pelajaran 2014/2015?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui ada tidaknya korelasi antara kompetensi pedagogik guru dengan motivasi
belajar siswa di SMPN 1 Praya Barat tahun pelajaran 2014/2015. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket sebagai metode
pokok, sedangkan metode analisis data menggunakan rumus koefesien korelasi
product moment. Dari hasil perhitungan rxy yang dieroleh dalam penelitian ini adalah
0,347, sedangkan nilai rxydalam tabel dengan taraf signifikansi 5% dan N=44 adalah
0,297 atau (0,347>0,297), kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai ℎ
lebih besar
dari pada
. Maka dapat dikemukakan bahwa Hipotesis Nol (H0) “ditolak†dan
Hipotesis alternatif (Ha) “diterimaâ€. Jadi kesimpulan analisis dalam penelitian ini
adalah: Ada Korelasi Antara Kompetensi Pedagogik Guru dengan Motivasi Belajar
Siswa di SMPN 1 Praya Barat Tahun Pelajaran 2014/2015 dalam kategori rendah.
References
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar
dan Pembelajaran. Jakarta: PT
Rineka Cipta.
Musfah. 2011. Peningkatan Kompetensi
Guru. Jakarta: Kencana Prenada
Media Group.
Pasolong, Harbani. 2012. Metode
Penelitian Administrasi Publik.
Bandung: Alfabeta.
Riduwan. 2014. Pengantar Statistika
Sosilal. Bandung: Alfabeta.
Sardiman, A. M. 2011. Interaksi dan
Motivasi Belajar Mengajar.
Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian
Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi.2002. Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:
PT. Rineka Cipta.
________. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi
Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
________. 2013. Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
PT Rineka Cipta.
Sukandarrumidi. 2004. Metodologi
Penelitian. Yogyakarta: Gadjah
Mada University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â