KEMAMPUAN OPERASIONAL KEPALA SEKOLAH DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA STAF TATA USAHA
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v1i2.666Abstract
Keberhasilan pendidikan di sekolah ditentukan oleh keberhasilan kepala
sekolah dalam mengelolah tenaga pendidik yang tersedia di sekolah. Staf tata usaha
mempunyai hubungan yang penting dalam pencapaian keberhasilan suatu pendidikan,
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Ada Hubungan
Kemampuan Operasional Kepala Sekolah Dengan Produktivitas Kerja Staf Tata Usaha
Di SMAN 2 Pujut Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016?â€. Sedangkan tujuan
dari penelitian ini adalah “Untuk Mengetahui Hubungan Kemampuan Operasional
Kepala Sekolah Dengan Produktivitas Kerja Staf Tata Usaha Di SMAN 2 Pujut
Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016â€. Penelitian ini mengunakan penelitian
populasi. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode
angket sebagai metode pokok sedangkan metode dokumen sebagai metode pelengkap.
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis
statistik dengan rumus koefisien korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis
data dalam penelitian ini, diperoleh nilai r hitung sebesar 0,764, selanjutnya nilai tersebut
dikonsultasikan dengan nilai r tabel
product moment pada taraf signifikansi 5% dengan
N= 11 diperoleh nilai sebesar 0,602. Kenyataan tersebut menunjukkan bahwa r hitung
lebih besar dari r tabel atau (r hitung 0,764 > r tabel 0,602). Maka hasil analisis data dalam
penelitian ini dinyatakan â€signifikanâ€. Hal ini berarti (H0) ditolak sedangkan (Ha)
diterima. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah “Ada Hubungan
Kemampuan Operasional Kepala Sekolah Dengan Produktifitas Kerja Staf Tata Usaha
di SMAN 2 Pujut Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016â€.
Kata Kunci : Kemampuan Operasional kepala Sekolah, Produktivitas Kerja Staf
Tata Usaha.
References
Penelitian: Suatu Pendekatan
Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Basri, Hasan. 2014. Kepemimpinan
Kepala Sekolah. Bandung: CV
Pustaka Setia.
Daryanto. 2011. Administrasi
Pendidikan. Jakarta: Rineka
Cipta.
Gie, The Liang. 2012. Administrasi
Perkantoran Modern.
Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.
Mardalis. 2009. Metode Penelitian Suatu
Pendekatan Proposal. Jakarta:
Bumi Aksara.
Rohiyatun, Baiq. 2013. Laporan
Penelitian, Hubungan
Keterampilan Operasional
Kepala Sekolah Dengan
Kemampuan Kerja Pegawai Di
SMPN Se-Pringgasela: Mataram:
IKIP Mataram.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan
Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan
Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Wahyudi. 2011. Manajemen Konflik
Dalam Organisasi. Bandung:
Alfabeta.
Wibowo. 2014. Manajemen Kinerja.
Jakarta: Rajawali Pers.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â