STUDI KASUS PENGELOLAAN HUMAS DALAM MENUNJANG PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v1i2.673Abstract
Sekolah sebagai lembaga sosial yang diselenggarakan dan dimiliki oleh
masyarakat, harus memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Sekolah mempunyai
kewajiban secara legal dan moral untuk selalu memberikan penerangan kepada
masyarakat tentang tujuan-tujuan, program-program, kebutuhan dan keadaannya, dan
sebaliknya sekolah harus mengetahui dengan jelas apa kebutuhan, harapan, dan
tuntutan masyarakatnya. Makin majunya pengertian masyarakat akan pentingnya
pendidikan anak-anaknya, maka merupakan kebutuhan vital bagi sekolah dan
masyarakat untuk menjalin kerjasama. Kerjasama tersebut dimaksudkan demi
kelancaran pendidikan di sekolah pada umumnya, dan untuk meningkatkan prestasi
belajar siswa pada khususnya. Secara etimologis, “hubungan masyarakatâ€
diterjemahkan dari perkataan bahasa Inggris “public relationâ€, yang berarti hubungan
sekolah dengan masyarakat ialah sebagai hubungan timbal balik antara suatu
organisasi (sekolah) dengan masyarakatnya. Adapun rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah bagaimanakah pengelolaan hubungan masyarakat sekolah dalam
menunjang pelaksanaan program sekolah di SMPN 1 Lunyuk, sedangkan tujuan yang
ingin dicapai adalah untuk mengetahui pengelolaan hubungan masyarakat sekolah
dalam menunjang pelaksanaan program sekolah di SMPN 1 Lunyuk. Metode
penentuan subyek dalam penelitian ini dengan teknik populasi karena jumlah guru
relatif sedikit yang berjumlah 23 orang, metode pengumpulan data yaitu metode
angket sebagai metode pokok dan metode dokumentasi serta wawancara sebagai
metode pelengkap, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis statistik
dengan rumus prosentase. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini
adalah sebesar 78,41 %, setelah dikonversikan dengan pedoman ternyata angka 78,41
% berada diantara angka 65-79 % yang termasuk dalam kategori Sedang. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan hubungan masyarakat sekolah dalam
menunjang pelaksanaan program sekolah di SMPN 1 Lunyuk sudah dilaksanakan
dengan baik.
Kata Kunci : Pengelolaan Humas, Pelaksanaan Program Sekolah
References
Depdiknas, 2003. Kamus Besar Bahasa
Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.
Hamalik, O. 2008. Perencanaan dan
Evaluasi Pembelajaran..
Bandung. CV. Tarsito.
Mardalis. 2003. Metodologi Reseach
Sosial. Jakarta. Rineka Cipta.
Indrafachrudi, 1994, Bagaimana
Mengakrabkansekolah
Denganorang Tuadan
Masyarakat,Surabaya. Usaha
Nasional.
Nurkancana & Sumartana. 1996.
Evaluasi Pendidikan. Surabaya.
Usaha Nasional.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif dan R & D.
Bandung. CV Alfabeta.
Suharsimi, A. 2006. Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta. Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â