HUBUNGAN KERJASAMA KEPALA SEKOLAH DENGAN PROFESIONALITAS GURU DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v1i2.674Abstract
Permasalahan utama penelitian ini adalah masih kurangnya disiplin dan
profesional guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di SMPI Darussalamah
NW Praida Kroya Lombok Timur Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui hubungan kerjasama kepala sekolah dengan
profesionalitas guru dalam meningkatkan kinerja guru di SMPI Darussalamah NW
Praida Kroya Lombok Timur Tahun Pelajaran 2015/2016. Untuk memperoleh data
tentang variabel tersebut, maka metode pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu
dengan metode angket sebagai metode pokok, metode dokumentasi sebagai metode
pelengkap. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan rumus
korelasi product moment. Hasil analisis data diperoleh nilai rhitung sebesar 0,472
sedangkan nilai rtabel pada taraf signifikansi 5% dengan N=28 diperoleh nilai rtabel
product moment sebesar 0,374. Nilai rhitung lebih besar dari nilai rtabel product
moment atau 0,472 > 0,374. Dengan demikian hasil analisis data dalam penelitian ini
dinyatakan Signifikan. Hipotesis nihil (H0) Ditolak dan sebaliknya hipotesis alternatif
(Ha) Diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa “Ada hubungan kerjasama kepala
sekolah dengan profesionalitas guru dalam meningkatkan kinerja guru di SMPI
Darussalamah NW Praida Kroya Lombok Timur Tahun Pelajaran 2015/2016â€.
Kata Kunci: Kerjasama Kepala Sekolah, Profesionalitas Guru, Kinerja Guru.
References
Bafadal, Ibrahim. 2004.Peningkatan
Profesionalisme Guru Sekolah
Dasar. Jakarta: PT Bumi Akasara.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang No.
Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional. Jakarta: PT
Arnas Duta Jaya.
Husdarta, J.S. Faktor-Faktor yang
Mempengaruhi Kinerja Guru
Pendidikan Jasmani di Sekolah
Dasar. Jurnal Mimbar Pendidikan
No. 3/XXVI/2007. hlm. 12-25.
Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta: PT
Raja Grafindo Persada.
Wahjosumidjo. 2010. Kepemimpinan
Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada.
Wahyudi, Imam. 2012. Pengembangan
Pendidikan. Jakarta: PT Prestasi
Pustakaraya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â