PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DENGAN ETOS KERJA GURU
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v1i2.679Abstract
Keberhasilan suatu lembaga pendidikan tidak lepas dari kepemimpinan
kepala sekolah yang membawahinya. Karena kepala sekolah sebagai pimpinan di
lembaganya, maka dia harus mampu membawa lembaganya menjadi lembaga yang
mampu berdaya saing dan memiliki kompetensi untuk kemajuan pendidikan, terutama
dalam meningkatkan etos kerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dam
memperoleh data peran kepala sekolah sebagai supervisor di SMPN I Rhee Kabupaten
Sumbawa, untuk mengetahui etos kerja guru dan untuk mengetahui seberapa besar
peran kepala sekolah sebagai supervisor dengan etos kerja guru SMPN I Rhee
Kabupaten Sumbawa Tahun Pelajaran 2014/2015. Kepala sekolah sebagai supervisor
adalah pemimpin pendidikan yang mempunyai peran penting untuk meningkatkan etos
kerja guru di sekolah, berkembangnya etos kerja, kerjasama yang harmonis, serta
suasana kerja yang menyenangkan. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala
sekolah dan guru SMPN I Rhee Kabupaten Sumbawa Tahun Pelajaran 2014/2015
yang berjumlah 33 guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatip dengan teknik angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian di
analisis dengan merumuskan hipotesis nihil (ho), membuat tabel kerja, memasukkan
data ke dalam rumus, menguji signifikan dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil
penelitian yang di peroleh sebesar 0.296 dan nilai r-tabel pada taraf signifikan 5%
dengan N=33 di peroleh 0.344 menunjukan bahwa r-hitung < r-tabel (0,296<0,344).
Maka dapat di simpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak artinya tidak terdapat
hubungan peran kepala sekolah sebagai supervisor dengan etos kerja guru di SMPN I
Rhee Kabupaten Sumbawa Tahun Pelajaran 2014/2015, artinya hasil penelitian ini
adalah “Tidak Signifikanâ€.
Kata kunci: Kepala Sekolah, Supervisor, Etos Kerja
References
Arikunto, 2006, Dasar-dasar Supervisi,
Jakarta, PT. Rineka Cipta.
A.Suharsimi, 2013. Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Peraktek.
Rineka cipta. Jakarta.
Gunawan. Ary.H.2002. Administrasi
Sekolah (Administrasi
Pendidikan Mikro). Jakarta:
Rineka Cipta.
Nazir. 2005. Kamus Ilmiah Populer
Edisi Lengkap. Surabaya:
Gitamedia Press.
Pidarta.1999. Kepemimpinan Yang
Efektif, Semarang: Dahara Prize.
SuyantoPhD,PengertianKepemimpinan,
http://www.scribd.com/doc/2245
/ 12
Agustus 2010.
Sugiyono. 2007. Statistika Untuk
Penelitian. Bandung. CV.
Alfabeta.
Sahertian, A Piet dan Frans Mataheru.
Prinsip dan Tehnik
Supervisi Pendidikan.Surabaya:
Usana Offset Printing.
Sinamo Dan Santoso, 2002 Membangun
Etos Kerja Dalam Persfektif
Tasawuf, (Bandung: Pustaka
Nusantara.
Tasmara Toto Dan Sukriyanto, (2002)
Membudidayakan Etos Kerja
Islami, (Jakarta: Gema Insani
Press,
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â