PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DENGAN ETOS KERJA GURU

Authors

  • Agus Fahmi IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/vis.v1i2.679

Abstract

Keberhasilan suatu lembaga pendidikan tidak lepas dari kepemimpinan
kepala sekolah yang membawahinya. Karena kepala sekolah sebagai pimpinan di
lembaganya, maka dia harus mampu membawa lembaganya menjadi lembaga yang
mampu berdaya saing dan memiliki kompetensi untuk kemajuan pendidikan, terutama
dalam meningkatkan etos kerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dam
memperoleh data peran kepala sekolah sebagai supervisor di SMPN I Rhee Kabupaten
Sumbawa, untuk mengetahui etos kerja guru dan untuk mengetahui seberapa besar
peran kepala sekolah sebagai supervisor dengan etos kerja guru SMPN I Rhee
Kabupaten Sumbawa Tahun Pelajaran 2014/2015. Kepala sekolah sebagai supervisor
adalah pemimpin pendidikan yang mempunyai peran penting untuk meningkatkan etos
kerja guru di sekolah, berkembangnya etos kerja, kerjasama yang harmonis, serta
suasana kerja yang menyenangkan. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala
sekolah dan guru SMPN I Rhee Kabupaten Sumbawa Tahun Pelajaran 2014/2015
yang berjumlah 33 guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatip dengan teknik angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian di
analisis dengan merumuskan hipotesis nihil (ho), membuat tabel kerja, memasukkan
data ke dalam rumus, menguji signifikan dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil
penelitian yang di peroleh sebesar 0.296 dan nilai r-tabel pada taraf signifikan 5%
dengan N=33 di peroleh 0.344 menunjukan bahwa r-hitung < r-tabel (0,296<0,344).
Maka dapat di simpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak artinya tidak terdapat
hubungan peran kepala sekolah sebagai supervisor dengan etos kerja guru di SMPN I
Rhee Kabupaten Sumbawa Tahun Pelajaran 2014/2015, artinya hasil penelitian ini
adalah “Tidak Signifikanâ€.
Kata kunci: Kepala Sekolah, Supervisor, Etos Kerja

References

Arikunto, 2006, Dasar-dasar Supervisi,

Jakarta, PT. Rineka Cipta.

A.Suharsimi, 2013. Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Peraktek.

Rineka cipta. Jakarta.

Gunawan. Ary.H.2002. Administrasi

Sekolah (Administrasi

Pendidikan Mikro). Jakarta:

Rineka Cipta.

Nazir. 2005. Kamus Ilmiah Populer

Edisi Lengkap. Surabaya:

Gitamedia Press.

Pidarta.1999. Kepemimpinan Yang

Efektif, Semarang: Dahara Prize.

SuyantoPhD,PengertianKepemimpinan,

http://www.scribd.com/doc/2245

/ 12

Agustus 2010.

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk

Penelitian. Bandung. CV.

Alfabeta.

Sahertian, A Piet dan Frans Mataheru.

Prinsip dan Tehnik

Supervisi Pendidikan.Surabaya:

Usana Offset Printing.

Sinamo Dan Santoso, 2002 Membangun

Etos Kerja Dalam Persfektif

Tasawuf, (Bandung: Pustaka

Nusantara.

Tasmara Toto Dan Sukriyanto, (2002)

Membudidayakan Etos Kerja

Islami, (Jakarta: Gema Insani

Press,

Downloads

Published

2018-04-05

How to Cite

Fahmi, A. (2018). PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DENGAN ETOS KERJA GURU. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.33394/vis.v1i2.679

Issue

Section

Articles

Citation Check