HUBUNGAN IMPLEMENTASI REINFORCEMENT GURU DENGAN PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v2i1.696Abstract
Reinforcement, motivasi belajar Siswa sangat menunjang sekali di dalam
peroses belajar mengajar, dimana imflementasi reinforcement guru kalau di terapkan
oleh soorang guru akan mampu menciptakan peroses belajar mengajar yang efektif
dan efisien. Karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Ada
Hubungan imflementasi reinforcement guru dalam Peningkatan motivasi belajar
siswa di SMPN 3 Praya Timur Tahun Pelajaran 2013/2014. Sedangkan Tujuan
Dalam Penelitian ini adalah “Untuk mencari Hubungan Antara imflementasi
reinforcement guru dengan Peningkatan motivasi belajar siswa di SMPN 3 Praya
Timur Tahun Pelajaran 2013/2014â€. Penelitian ini menggunakan metode angket
sebagai metode pokok, metode dokumentasi sebagai metode pelengkap, yang
menjadi subyek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru dan siswa kelas
VIII di SMPN 3 Praya Timur dengan jumlah guru 30 orang dan siswa menggunakan
teknik sampling karena jumlah siswa lebih dari 100, dari hasil penelitian ini
menunjukkan imflementasi reinforcement guru ada hungan dengan Peningkatan
motivasi belajar siswa. Karena r tabel pada tarap signipikan 5 % = 0,361. Sedangkan
r hitung yaitu 0,474 yang menolak hipotesis nihil (Ho), berarti hipotesis kerja (Ha).
Yang berbunyi “Ada Hubungan imflementasi reinforcement guru dengan
Peningkatan motivasi belajar siswa di SMPN 3 Praya Timur Tahun Pelajaran
2013/2014â€. Diterima karena (r hitung >r tabel ) yaitu 0,474>0,361. Sesuai dengan
analisis diatas, peneliti menyimpulkan bahwa penelitian ini dinyatakan
“Signifikanâ€dan hubungannya termasuk dalam katagori sedang.
Kata Kunci: Reinforcement, Motivasi Belajar
References
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan
Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2013. prosesur penelitian
suatu pendekatan praktik. Jakarta
: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2006, Organisasi dan
Administrasi Pendidikan
Teknologi dan Kejuruan, Jakarta:
Bumi Aksara.
Bahri Saiful Djamarah, 1996, “Strategi
Belajar Mengajar†Penerbit
Rineka Cipta, Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â