MEDIA CETAK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v2i1.699Abstract
Pelaksanaan Project Based Learning pada mata kuliah media cetak dengan
menghasilkan suatu produk, sebagai alternatif pilihan dalam mengembangkan soft
skill mahasiswa sesuai bidang keahlian. Tujuan penelitian pada mata kuliah produksi
media cetak adalah; (1) mendeskripsikan pelaksanaan project Basedd learning, (2)
mengetahui ketercapaian hasil pelaksanaan project Basedd learning, (3)
mengidentifikasi kendala pelaksanaan project Basedd learning. Metode yang dipakai
dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Penentuan sumber data
menggunakan metode sampel bertujuan (purposive sampling). Keabsahan data yang
diperoleh dari penelitian ini maka digunakan data triangulation, dimana peneliti
menggunakan beberapa sumber data yang sama. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis yang
digunakan dalam penelitian ini melalui cara; (1) reduksi data, yaitu merupakan
proses pemilihan, pemusatan perhatian pada penyederhanaan, pengabstrakan dan
transformasi data kasar yang diperoleh di lapangan, (2) penyajian data, yaitu dengan
menyajikan berbagai informasi yang diseleksi dalam rangka penarikan kesimpulan,
(3) verifikasi data. Langkah-langkah pelaksanaan Project Based Learning yaitu:
penentuan pertanyaan mendasar (start with essential question), menyusun
perencanaan proyek (design project), menyusun jadwal (create schedule), memantau
mahasiswa dan kemajuan proyek (monitoring the students and progress of project),
melakukan penilaian hasil (assess the outcome), dan evaluasi pengalaman
(evaluation the experience). Pelaksanaan Project Based Learning pada matakuliah
produksi media cetak merupakan suatu langkah yang baik bagi perkembangan mutu
pembelajaran pada prodi Teknologi Pendidikan, namun dalam pelaksanaannya masih
terdapat kendala mendasar yaitu masih kurangnya pengetahuan dan keterampilan
mahasiswa dalam menulis dan dalam editing.
Kata kunci: Media Cetak, Project Basedd Learning.
References
Arsyad Azhar. 2011. Media
Pembelajaran. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada.
Budiharti. 2014. Inovasi Pembelajaran
Dengan Menerapkan Project
Based Learning Pada Mata Kuliah
Pemrograman Pembelajaran
Interaktif I Jurnal Elemtary School
Volume 1 Nomor 1 Edisi Januari
Daryanto. 2011. Media Pembelajaran.
Bandung: Sarana Tutorial Nurani
Sejahtera.
Kemendikbub. 2013. Materi Pelatihan
Guru Implementasi Kurikulum
BPSDMPK dan PMP.
Kemendikbud: Jakarta
Lexy J Moleong. 2010. Metodologi
penelitian Kualitatif. Bandung:
P.T. Remaja Rosdakarya.
Made Wena. 2013. Strategi
Pembelajaran Inovatif
Kontemporer Suatu Tinjauan
Konseptual Operasional. PT Bumi
Aksara: Jakarta.
Muh. Rais. 2010. PROJECT-BASEDD
LEARNING: Inovasi
Pembelajaran yang Berorientasi
Soft skills. Disajikan Sebagai
Makalah Pendamping dalam
Seminar Nasional Pendidikan
Teknologi dan Kejuruan Fakultas
Teknik Universitas Negeri
Surabaya.
Muhammad Rohmadi. 2012. BELAJAR
MENYUNTING Naskah Buku dan
Media Cetak. Yogyakarta: Media
Perkasa.
__________________. 2011. Jurnalistik
Media Cetak: Kiat Sukses Menjadi
Penulis dan Wartawan
Profesional. Surakarta: Cakrawala
Media.
R. Mursid. 2012. Penerapan Model
Project-Basedd (Berbasis Proyek)
dan Motivasi Kerja Untuk
Meningkatkan Kualitas
Pembelajaran Teknologi Jurnal
Teknologi Pendidikan Volume 14
Nomor 1 Edisi April. Jakarta: PPs.
UNJ.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â