MEDIA CETAK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING

Authors

  • Endah Resnandari Puji Astuti IKIP Mataram, Indonesia
  • Muhammad Husein Baysha IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/vis.v2i1.699

Abstract

Pelaksanaan Project Based Learning pada mata kuliah media cetak dengan
menghasilkan suatu produk, sebagai alternatif pilihan dalam mengembangkan soft
skill mahasiswa sesuai bidang keahlian. Tujuan penelitian pada mata kuliah produksi
media cetak adalah; (1) mendeskripsikan pelaksanaan project Basedd learning, (2)
mengetahui ketercapaian hasil pelaksanaan project Basedd learning, (3)
mengidentifikasi kendala pelaksanaan project Basedd learning. Metode yang dipakai
dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Penentuan sumber data
menggunakan metode sampel bertujuan (purposive sampling). Keabsahan data yang
diperoleh dari penelitian ini maka digunakan data triangulation, dimana peneliti
menggunakan beberapa sumber data yang sama. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis yang
digunakan dalam penelitian ini melalui cara; (1) reduksi data, yaitu merupakan
proses pemilihan, pemusatan perhatian pada penyederhanaan, pengabstrakan dan
transformasi data kasar yang diperoleh di lapangan, (2) penyajian data, yaitu dengan
menyajikan berbagai informasi yang diseleksi dalam rangka penarikan kesimpulan,
(3) verifikasi data. Langkah-langkah pelaksanaan Project Based Learning yaitu:
penentuan pertanyaan mendasar (start with essential question), menyusun
perencanaan proyek (design project), menyusun jadwal (create schedule), memantau
mahasiswa dan kemajuan proyek (monitoring the students and progress of project),
melakukan penilaian hasil (assess the outcome), dan evaluasi pengalaman
(evaluation the experience). Pelaksanaan Project Based Learning pada matakuliah
produksi media cetak merupakan suatu langkah yang baik bagi perkembangan mutu
pembelajaran pada prodi Teknologi Pendidikan, namun dalam pelaksanaannya masih
terdapat kendala mendasar yaitu masih kurangnya pengetahuan dan keterampilan
mahasiswa dalam menulis dan dalam editing.
Kata kunci: Media Cetak, Project Basedd Learning.

References

Arsyad Azhar. 2011. Media

Pembelajaran. Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada.

Budiharti. 2014. Inovasi Pembelajaran

Dengan Menerapkan Project

Based Learning Pada Mata Kuliah

Pemrograman Pembelajaran

Interaktif I Jurnal Elemtary School

Volume 1 Nomor 1 Edisi Januari

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran.

Bandung: Sarana Tutorial Nurani

Sejahtera.

Kemendikbub. 2013. Materi Pelatihan

Guru Implementasi Kurikulum

BPSDMPK dan PMP.

Kemendikbud: Jakarta

Lexy J Moleong. 2010. Metodologi

penelitian Kualitatif. Bandung:

P.T. Remaja Rosdakarya.

Made Wena. 2013. Strategi

Pembelajaran Inovatif

Kontemporer Suatu Tinjauan

Konseptual Operasional. PT Bumi

Aksara: Jakarta.

Muh. Rais. 2010. PROJECT-BASEDD

LEARNING: Inovasi

Pembelajaran yang Berorientasi

Soft skills. Disajikan Sebagai

Makalah Pendamping dalam

Seminar Nasional Pendidikan

Teknologi dan Kejuruan Fakultas

Teknik Universitas Negeri

Surabaya.

Muhammad Rohmadi. 2012. BELAJAR

MENYUNTING Naskah Buku dan

Media Cetak. Yogyakarta: Media

Perkasa.

__________________. 2011. Jurnalistik

Media Cetak: Kiat Sukses Menjadi

Penulis dan Wartawan

Profesional. Surakarta: Cakrawala

Media.

R. Mursid. 2012. Penerapan Model

Project-Basedd (Berbasis Proyek)

dan Motivasi Kerja Untuk

Meningkatkan Kualitas

Pembelajaran Teknologi Jurnal

Teknologi Pendidikan Volume 14

Nomor 1 Edisi April. Jakarta: PPs.

UNJ.

Downloads

Published

2018-04-05

How to Cite

Puji Astuti, E. R., & Baysha, M. H. (2018). MEDIA CETAK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.33394/vis.v2i1.699

Issue

Section

Articles

Citation Check