PENERAPAN METODE PEER TEACHING GROUP TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA FPOK IKIP MATARAM TAHUN AKADEMIK 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v2i1.700Abstract
Pendidikan jasmani dan olahraga pada hakikatnya adalah proses
pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik (jasmani) dan olahraga untuk
menghasilkan perubahan holistik dalam kualitas individu, baik dalam hal fisik,
mental serta emosional. Dibutuhkan seorang tenaga pengajar yang berkualitas untuk
bisa melaksanakan proses pembelajaran penjasorkes sehingga tujuan pembelajaran
dapat tercapai. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
keterampilan mengajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas (class action research) yang menggunakan metode deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas
Pendidikan Olahraga dan Kesehatan IKIP Mataram. Instrumen penelitian ini adalah
kusioner yang dibagikan kepada mahasiswa disetiap akhir siklus dan didukung
dengan dokumentasi serta observasi langsung oleh peneliti. Analisis data dilakukan
secara kualitatif dengan model interaktif melalui pengumpulan data, penyajian data,
dan verifikasi atau pengambilan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa
jumlah mahasiswa 9 (30%) berkategori cukup, 17 (56,66%) berkategori rendah dan 4
(14,33%) berkategori sangat rendah pada siklus I. Dari 30 mahasiswa yang dijadikan
subyek penelitian dapat diliat 14 (46,66%) mahasiswa yang berkategori cukup, ini
membuktikan adanya peningkatan sebanyak 16,66% dari siklus I. 15 (50%)
mahasiswa berada pada kategori rendah dan tersisa 1 mahasiswa yang berada pada
kategori sangat rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat
disimpulkan bahwa penerapan metode peer teaching group dapat meningkatkan
keterampilan mengajar mahasiswa FPOK IKIP Mataram.
Kata Kunci: Keterampilan Mengajar, Peer Teaching Group
References
Partusi, Achmad. 2012. Manajemen
Pendidikan Jasmani dan
Olahraga. Jakarta: Rineka Cipta.
Kunandar. 2011. Langkah Mudah
Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: PT. Rajawali Pres.
Febru Aries, Erna & Dwi Haryono, Ari.
Penelitian Tindakan Kelas.
Malang: Aditya Media
Publishing.
Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta:
Kencana Prenada Media group.
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2012.
Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: PT Bumi Aksara.
Asril, Zainal. 2011. Micro Teaching
Disertai Dengan Pedoman
Pengalaman Lapangan. Jakarta:
Rajawali Pers.
Mahendra, Agus. 2009. Asas dan
Falsafah Pendidikan Jasmani.
Bandung: Modul Progam Dual
Modes Progam Penjas S1.
Kristiyanto, Agus. 2010. Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) Dalam
Pendidikan Jasmani &
Kepelatihan Olahraga. Surakarta:
UNS Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â