INTEGRASI KURIKULUM DI PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL WUSTHA AZ-ZAKIYAH SHAHABIYAH PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v11i1.7021Abstract
Abstrak: Pendidikan Diniyah Formal (PDF) merupakan jenis pendidikan yang masih baru dan belum banyak dikenal masyarakat. pengembangan kurikulum perlu dilakukan di satuan pendidikan PDF. Santri PDF dituntut tidak hanya memiliki kompetensi dalam bidang kitab kuning dan ahli agama (mutafaqquh fiddin), tapi dalam rangka menghadapi kehidupan masyarakat yang terus berubah, mereka dituntut untuk punya kompetensi dalam lifes-skill atau keterampilan- keterampilan yang lain.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pengembangan kurikulum seperti apa yang dikembangkan Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Wustha Pondok Pesantren Az Zakiyah Shahabiyah Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan penelusuran dokumen. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa PDF) Wustha Pondok Pesantren Az Zakiyah Shahabiyah berhasil mengembangkan kurikulumnya tidak hanya dalam penguasaan kitab kuning dan ahli agama (mutafaqquh fiddin), tapi diorientasikan pada pengembangan life skills. Beberapa kegiatan life skills yang dikembangkan diantaranya teknik komputer, trainingpengurusan jenazah, koperasi, pencak silat, marawis dan seni hadrah. Selain itu juga dikembangkan beberapa kegiatanekstrakurikuler antara lain kelompok bahsul masail, bimbingan bahasa arab, bimbingan khitobah, dan pelatihan manasik haji. Kurikulum PDF Wustha Pondok Pesantren Az Zakiyah Shahabiyah relevan dengan perkembangan zaman dan tuntutan dunia pekerjaan saat ini.
Kata Kunci: Kurikulum, Pendidikan Diniyah Formal (PDF), Pondok Pesantren
References
Agus. (2019). Kurikulum Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal EduTech. Vol. 5 No. 2.
Annur, S. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan (Analisis Data Kuantitatif dan Kualitatif). Palembang: Noer Fikri Ofsett.
Busthomi, Yazidul. (2019). Pengembangan dan Evaluasi Kurikulum Pendidikan Di Pondok Pesantren Desa Ganjaran Gondanglegi Malang. Jurnal Pendidikan Islam An-Naba. Volume 5 No. 2, 1.
Dimyati, J. (2013). Metedologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana Prenada Group.
Dudin, Achmad. (2019). Evaluasi Penyelenggaraan Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Pesantren Darussalamciamis Jawa Barat, Journal Dialog. Vol. 42, No. 2.
Hakim, A. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus. Bandung: CV. Jejak.
Hasan, Hamid. (2019). Evaluasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rosdakarya.
Mualim, R., Anshori, A., & Ali, M. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Wonogiri dan SMP Negeri 1 Surakarta Tahun 2019, Profetika Jurnal Studi Islam, Vol. 20, No. 2.
Rijali, Ahmad. (2019). Analisis Data Kualitatif. Banjarmasin: UIN Antasari.
Salim. (2020). Classroom di Pendidikan Diniyah Formal Ulya Pondok Pesantren Al Fithrah Surabaya. JNUS: Journal of Nahdlatul Ulama Studies, Vol. 1, No. 1.
Sanjaya, Wina. (2018). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suyanto. (2016). Manajemen Penjenjangan Pendidikan Diniyah Formal Pada Pesantren di Kota Bengkulu, 69–77. An-Nizom Journal | Vol. I, No. 2.
Taufik, Ahmad. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Journal el-Ghiroh. Vol. XVII, No. 02.
Wibisono, Yogi. (2019). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Ismuba di SMP Muhmammadiyah Pakem Sleman Yogyakarata, Journal At-Tajdid: Vol. 03 No. 02.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â