MANAJEMEN MUTU TERPADU DI SMA UNGGULAN KOTA MATARAM

Authors

  • Muhammad Suhardi IKIP Mataram, Indonesia
  • Ahmad Muslim IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/vis.v2i2.718

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang
bagaimana upaya peningkatan mutu dengan penerapan pendekatan manajemen mutu terpadu
(MMT) dan permasalahan yang timbul dalam penerapan pendekatan MMT di SMA Unggulan
Kota Mataram NTB. Penelitian ini dilakukan pada salah satu SMA Unggulan Kota Mataram
selama Semester Ganjil 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya peningkatan mutu pendidikan di
SMA Bertaraf Internasional ini dilakukan dengan menerapkan konsep-konsep MMT, yang
ditunjukkan dengan kesiapan sekolah membentuk tim-tim kerja seperti steering
committee/school board, project team dan kelengkapan manajemen (school management)
profesional yang sebagian besar berasal dari luar negeri.
Kata Kunci: Manajemen Mutu Terpadu, Sekolah Unggul

References

Adman, 2005. Manajemen Pendidikan

nasional, Strategi dan Upaya

Menghadapi Tantangan Globalisasi

Melalui Pendidikan. Jurnal Edukatif,

Vol. 1 No. 1/ 2005.

Darmadji, Ahmad. 2008. Implementasi Total

Quality Management Sebagai Upaya

Peningkatan Mutu Pendidikan el-

Tarbawj. Jurnal Educational

Management Vol. 1 No.2. (2008),

Diunduh tanggal 28 April 2013.

Fatmasari, Dewi 2012. Perilaku

kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam

Menerapkan Total Quality

Management di SMA PIKA

Semarang. Jurnal Education

Management Vol. 1 No. 2 (2012) -

http://journal.unnes.ac.id/

sju/index.php/eduman. Diunduh

tanggal 28 April 2013.

Hanik, Umi. 2011. Implementasi Total

Quality Management (TQM) dalam

Peningkatan Kualitas Pendidikan

(Semarang: Rasail Media Group).

Nasution, M. N. 2005. Manajemen Mutu

terpadu: Total Quality Management

(Jakarta: Ghalia Indonesia).

Permendiknas No. 23 th. 2006, Tentang

Standar Kompetensi Lulusan.

Permendiknas No. 20 th. 2007, Tentang

Standar Penilaian Pendidikan.

Permendiknas No. 24 th. 2007, Tentang

Standar Sarana dan Prasarana

Pendidikan.

Permendiknas No. 78 Th. 2009, Tentan

Penyelenggaraan Sekolah Bertaraf

Internasional pada Jenjang

Pendidikan Dasar dan Menengah .

Retnoningsih, Nur. 2012. Pelaksanaan TQM

Di Sekolah Islam terpadu MI Luqman

Hakim Tegal. Jurnal Educational

Management. Vol. 1 No. 2 (2012).

http://journal.unnes.ac.id/ sju/

.php/eduman. Diunduh tanggal 28

April 2013.

Rohiat, 2008. Manajemen Sekolah, Teori

Dasar dan Praktik dilengkapi dengan

Contoh Rencana Strategis dan

rencana Operasional (Bandung: PT.

Refika Aditama)

Sallis, Edward. 1993. Total Quality

Management in Education

(Philadelphia: Diddles Ltd, Guilford,

and Kings Lynn).

-------------- 2011. Manajemen Mutu Terpadu

Pendidikan, Peran Strategis

Pendidikan di Era Globalisasi

Modern (Jokjakarta: Irchisod)

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2010.

Total Quality Management

(Jokjakarta: Andi).

Trihantoyo, Syunu, 2010. Dampak

Penerapan Total Quality

Management Terhadap Empowering

Sumber Daya Manusia Menuju

Sekolah Bertaraf Internasional, Studi

Kasus di SMA negeri 1 Malang.

Skripsi Jurusan Administrasi

Pendidikan – FIP UN Malang.

Umiarso dan Imam Gojali, Manajemen Mutu

Sekolah di Era Otonomi Pendidikan,

(Jogjakarta: IRCiSoD, 2011

Downloads

Published

2018-04-06

How to Cite

Suhardi, M., & Muslim, A. (2018). MANAJEMEN MUTU TERPADU DI SMA UNGGULAN KOTA MATARAM. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.33394/vis.v2i2.718

Issue

Section

Articles

Citation Check