PENINGKATAN KUALITAS GURU BERBASIS KEBUTUHAN
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v2i2.719Abstract
Program peningkatan kualitas guru yang efektif harus didasarkan pada need
assessment. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan program peningkatan kualitas guru
berdasarkan kebutuhan guru. Temuan penelitian menunjukkan ada dua program yang
dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas guru-guru SMP di Kecamatan Praya Timur. Guru
membutuhkan sebuah program untuk meningkatkan kualifikasi akademik mereka.
Berdasarkan pada kebutuhan guru, program ini harus mempertimbangkan aspek-aspek
berikut. Pertama, program harus menawarkan program sarjana (S1) dan program pascasarjana
(S2) di bidang pendidikan yang relevan dengan mata pelajaran yang diajarkan guru. Kedua,
program harus mengambil lokasi di dekat tempat tinggal guru. Ketiga, program harus
memberikan dukungan bagi guru seperti pendanaan untuk belajar dan biaya operasional, dan
izin belajar atau dispensasi bagi guru untuk bebas dari atau untuk mengurangi jam mengajar
mereka. Program lainnya adalah program untuk meningkatkan kompetensi guru. Program
yang harus dilakukan di lokasi atau di dekat lokasi di mana guru tinggal. Selain itu, guru perlu
beberapa pendukung seperti biaya dan juga mengizinkan untuk bergabung dengan program
pendidikan yang memajukan secara personil maupun secara kelembagaan.
Kata Kunci: Kualitas Guru, Berbasis Kebutuhan
References
Beare, H. 2001. Creating the Future School.
London. Rouutledge Falmer.
Castetter, W. B. 1996. The Personnel
Function in Education
Administration Sixth Edition.
New York: Mac Millan Publishing
Co.
Darling, L. H. 2006. Constructing 21st
Century Teacher Education. Journal
of Teacher Education, 57: 300-314.
Dessler, dan Gary. 2006. Manajemen Sumber
Daya Manusia Jilid 1
Edisi Kesepuluh. Jakarta:
Indeks.
Direktorat Profesi Pendidikan Dirjen PMPTK
Depdiknas. 2007.
Pedoman Pemilihan Guru
Berprestasi Tingkat Nasional.Jakarta:
Depdiknas.
Hargreaves, A. 1997. The Four Ages of
Professionalism and
Professional Learning.Unicorn
, 23(2): 86-114.
Hargreaves, A., & Fullan, M. 2000.
Mentoring in the New Millennium.
ProQuest Education Journals,
(1): 50-56.
Joni, R. T. 2006. Revitalisasi Pendidikan
Profesional Guru. Jakarta: Depdiknas.
Mulford, B. 2008. The Leadership
Challenge:Improving Learning in
Schools. Australian Education
Review. Victoria: ACER Press.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
Nomor 16 Tahun 2007 tentang
Standar Kualifikasi Akademik
dan Kompetensi Guru.
Schuller, R., & Jackson, S. E. 1987. Personal
and Human
Resources Management. New
York: West Publishing Company.
Siagian, P. S. 2002. Manajemen Sumber
Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Supriadi, D. 1999. Mengangkat Citra dan
Martabat Guru. Jakarta: Adicita Karya
Nusantara.
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005
tentang Guru dan Dosen.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â