MANAJEMEN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v2i2.720Abstract
Persoalan pendidikan selaras dengan tuntutan perkembangan dan menjadi issu
yang menarik untuk diperbincangkan dan dikaji. Masalah pendidikan dihadapkan pada empat
masalah besar, yaitu: masalah mutu, pemerataan, motivasi dan keterbatasan sumber daya,
serta sumber dana. Berbagai masalah pendidikan ini juga dihadapi oleh lembaga pendidikan
anak usia dini. Pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan perlu menjadi perhatian
khusus, dikarenakan perannya sebagai fasilitator dan pelayan pendidikan. Pendidik dan tenaga
kependidikan perlu diberikan ruang lebih untuk mengupayakan pengembangan
profesionalnya. Pembinaan terhadap pendidik dan tenaga kependidikan juga sangat
diperlukan guna menyempurnakan proses penyelenggaraan pendidikan serta menjaga kualitas
mutu pendidikan anak usia dini. Akan tetapi, tantangan besar bagi pendidik dan tenaga
kependidikan PAUD saat ini berasal dari kualifikasi dan juga berasal dari arus gelombang
teknologi dan informasi. Dalam kaitannya dengan peningkatan mutu pendidikan, upaya yang
perlu dilakukan pendidik dan tenaga kependidikan diorientasikan kepada peningkatan
kualifikasi dan juga diperlukan adanya pembinaan yang berkelanjutan dari pengawas maupun
pemerintah. Harapannya dengan pengelolaan yang baik terhadap pendidik dan tenaga
kependidikan dapat memacu motivasi kerja guna tercapainya tujuan pendidikan.
Kata Kunci: Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Mutu PAUD.
References
Denim. 2016. Inovasi Pendidikan Dalam
Upaya Peningkatan Profesionalisme
Tenaga Kependidikan. Bandung: CV
Pustaka Setia.
Gomes, C. F. 2003. Manajemen Sumber
Daya Manusia. Yogyakarta: CV
ANDI Offset
Heryati dan Muhsin, 2014. Manajemen
Sumber Daya Pendidikan. Bandung:
CV Pustaka Setia.
Nata. 2001. Manajemen Pendidikan:
Mengatasi Kelemahan Pendidikan
Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.
Samsudin. 2010. Manajemen Sumber Daya
Manusia. Bandung: CV Pustaka
Setia.
Sujiono, N. Y. 2012. Konsep Dasar
Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:
PT Indeks.
Suyadi. 2011. Manajemen PAUD.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Yamin dan Sannan. 2013. Panduan PAUD
:Pendidkan Anak Usia Dini. Jakarta:
Referensi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â