HUBUNGAN MANAJEMEN MUTU TERPADU DENGAN KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 PRAYA BARAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v2i2.722Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui hubungan antara manajemen
mutu terpadu dengan keterampilan manajerial kepala sekolah di SMPN 1 Praya Barat
Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian
empiris. Populasi penelitian ini berjumlah 50 orang guru SMPN 1 Praya Barat. Penelitian ini
menggunakan metode angket sebagai metode pokok, sedangkan metode dokumentasi,
observasi sebagai metode pelengkap, Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Analisis
data menggunakan teknik analisis analisis korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa manajemen terpadu berhubungan dengan keterampilan manajerial kepala sekolah
dilihat dari nilai t hitung > t tabel yaitu 0,471>0,279 . Hal ini berarti bahwa keterampilan
manajerial yang dimiliki kepala sekolah dalam memimpin sekolah memiliki ikatan penting
dengan berhasilnya manajemen mutu terpadu. Oleh karena itu, peningkatan mutu sekolah
dapat diupayakan melalui peningkatan keterampilan kepala sekolah..
Kata Kunci: Manajemen Mutu Terpadu, Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah.
References
Danim, Sudarwan. 2010. Kepemimpinan
Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Kartini, K. 2008. Pemmimpin dan
Kepemimpinan. Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada.
Nasution, Nur M. 2015. Manajemen Mutu
Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Riduwan. 2008. Metode dan Teknik
Menyusun Proposal Penelitian.
Bandung: Alfabeta.
Sallis, Edwards. 2010. Manajemen Mutu
Terpadu Pendidikan. Jogjakarta:
Ircisod.
Sugiyono. 2011.Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2014. Metodologi Penelitian
Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metedologi Penelitian &
Pengembangan. Bandung:
Alfabeta
Suhardan, Dadang. 2009. Manajemen
Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan dan Praktek. Jakarta:
PT. Rineka Cipta.
Sukardi. 2003. Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan dan Pratek. Jakarta:
PT. Rineka Cipta.
Tim Dosen IKIP Mataram, 2011. Pedoman
Pembimbingan Dan Penulisan
Karya Ilmiyah: IKIP Mataram.
Wahjosumijo. 2002. Kepemimpinan Kepala
Sekolah. Bandung: Alfabeta.
Wahyudi. 2009. Kepemimpinaan Kepala
Sekolah. Bandung: Alfabeta.
Zulhadi. 2009. Perbedaan Kemampuan
Manajerial Kepala Sekolah yang
Tingkat Pendidikan Sarjana dan
Non Sarjana Skripsi. IKIP
Mataram.
http://pondokpesantrenhidayatusalikin.blogsp
ot.com/2015/12/urutan-provinsidengan-
kualitas.html. Diakses
tanggal 21 desember 2016 jam
:25
http://www.radarlombok.co.id/pemerataanguru-
masih-jadi-masalahpendidikan-
ntb.html. Diakses
tanggal 21 desember 2016 jam
:30:
Undang-undang Republik Indonesia Nomor
Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional.
Jakarta:Depdiknas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â