PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIS EDUCATOIN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v2i2.724Abstract
Proses pembelajaran matematika yang sering dipraktikkan oleh guru adalah hanya
menyampaikan materi yang ada dalam buku paket serta kurangnya kemampuan dalam
mengaitkan kegunaan matematika dengan kehidupan siswa sehari-hari. Proses pembelajaran
ini mengakibatkan matematika menjadi suatu yang abstrak dan sulit dipahami oleh siswa. Hal
ini mengakibatkan kurangnya motivasi siswa dalam belajar matematika dan akan
mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat
keefektifan pendekatan Mathematic Realistic Education (RME) pada siswa kelas V. Populasi
dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Tahun Pelajaran 2017/2018 Batu
Jangkih Kecamatan Praya Barat Daya yang berjumlah 24 orang. Untuk melihat keefektifan
pendekatan RME maka dilakukan uji ketuntasan rata-rata, uji proporsi, uji banding, dan uji
ternormalisasi gain. Untuk melihat keefektifan pendekatan RME, maka dilakukan uji
ketuntasan rata-rata, uji proporsi, uji banding, dan uji ternormalisasi gain. Hasil analisis data
menunjukkan bahwa nilai uji rata-rata hitung tabel t > t = 3,742> 1,714, artinya tolak H0, hasil
analisis uji proporsi diperoleh hitung tabel z > z = 1,711 > 1,64, artinya tolak H0, dan hasil analisis
uji banding diperoleh hitung tabel t > t = 3,348 > 1,680 artinya tolak H0.
Kata Kunci: Pendekatan Realistic Mathematic Education, Prestasi Belajar
References
Athar. 2012. “Pengembangan Pembelajaran
Matematika dengan Pendekatan
Pendidikan Matematika Realistik
(PMR) Berbasis Budaya Cerita
Rakyat Melayu Riauâ€.
Makalah.Seminar Nasional
Matematika dan Pendidikan
Matematika di Jurusan
Pendidikan Matematika FMIPA
Univerisitas Negeri Yogyakarta.
Yogyakarta, 10 November 2012.
Gravemeijer. 1999. “Context Problems In
Realistic Mathematics Education:
A Calculus Course As An
Exampleâ€. Educational Studies In
Mathematics, Vol. 39. Hal 111-
Heuvel & Panhuizen. 1996. Assessment and
Realistic Mathematics Education.
Utrecht: Freudenthal Institute.
Heuvel & Panhuizen. 2003. “The Didactical
Use Of Models In Realistic
Mathematics Education: An
Example From A Longitudinal
Trajectory On Percentageâ€.
Educational Studies In
Mathematics. Vol 54.
Kwon. 2010. Conceptualizing The Realistic
Mathematics Education
Approach In The Teaching And
Learning Of Ordinary
Differential Equations. Seoul:
Ewha Womans University.
Sembiring, R.K., Hadi, S., dan Dolk, M.
“Reforming Mathematics
Learning In Indonesian
Classrooms Through RMEâ€.
ZDM Mathematics Education
Vol.40.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian
Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â