PEMBELAJARAN PERKALIAN DENGAN AKTIVITAS PERMAINAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SDN 43 AMPENAN
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v2i2.725Abstract
Berdasarkan Permendikbud Nomor 21 tahun 2016 tentang standar isi menyebutkan
salah satu kompetensi dalam matematika di Sekolah Dasar adalah memahami penjumlahan,
pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan bulat dan pecahan. Tetapi aplikasi di kelas,
pembelajaran perkalian masih menggunakan metode konvensional yaitu menghafal.
Hendaknya mengajarkan perkalian, bukan dengan paradigm mengajar melainkan dengan
paradigm belajar. Di mana dengan paradigm belajar siswa diposisikan sebagai subjek, yang
memperoleh pengetahuan dengan suatu proses yang mereka alami, yang mereka pikirkan, dan
yang mereka konstruksi sendiri melalui pengetahuan mereka. Salah satu pembelajaran yang
menekankan pada akvitas siswa dalam belajar adalah pendekatan Matematika Realistik, yang
menggunakan model gunung es Moerlands yang memuat 4 aktivitas dalam proses
pembelajaran yaitu: (1) orientasi lingkungan secara matematis; (2) model alat peraga; (3)
pembuatan pondasi; dan matematika formal. Tujuan penulisan ini adalah bagaimana
pembelajaran perkalian dengan aktivitas bermain melalui pendekatan Matematika Realistik
yang dilaksanakan di SDN 43 Ampenan Mataram. Pendekatan yang dilakukan adalah
pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Intrumen yang digunakan adalah
wawancara, Lembar Kerja siswa dan Tes. Hasil yang didapatkan adalah pembelajaran
perkalian dasar 1-10 yang diberikan dengan aktivitas bermain berbantuan alat peraga dengan
pendekatan Matematika Realistik menggunakan model Gunung es Moerlands memberikan
dampak positif terhadap pemahaman siswa terhadap perkalian dasar 1-10. Selain itu, terjadi
interaksi antara siswa dengan siswa maupun dengan penulis dan pembelajaran lebih bermakna
dan menyenangkan untuk siswa di kelas.
Kata Kunci: Pembelajaran Perkalian Dengan Aktivitas Permainan, Pendekatan
Matematika Realistik
References
http://pgmi-uniskamab.com/berita/beritaberita/
permendikbud-nomor-21-tahun-
-tentang-standar-isi-pendidikandasar-
dan-menengah/. Diakses pada
tanggal 21 Oktober 2017.
Hartono, Wahyudi & Novita Nur Samiadi.
Urgensi Pembelajaran Perkalian
Bilangan dengan Pendekatan
Matematika Realistik Indonesia pada
Siswa Tunarungu. Jurnal Pendidikan
Luar Biasa. 4(1).
Bito, Gregorius Sebo. 2014. Aktivitas
Bermain sebagai Konteks dalam
Belajar Matematika di Sekolah Dasar
dengan Pendekatan Matematika
Realistik. Jurnal Pemikiran dan
Pengembangan SD. 1(4).
Zulaihah, Anita dan Asih Mardati.
Penggunaan Permainan Throwing
Sudoku untuk Pengenalan Konsep
Bilangan. Prosiding Seminar Nasional
“Optimalisasi Active Learning dan
character Building dalam
Meningkatkan Daya Saing Bangsa di
Era MEAâ€.
http://eprints.uad.ac.id/3370/1/Anita%2
C%20Asih%20Mardati_UAD2.pdf.
Diakses pada tanggal 23 Oktober 2017.
Reta, Allen Marga. 2016. Penggunaan
Iceberg dalam Pendekatan Pendidikan
Matematika Realistik Indonesia
(PMRI). Prosiding Seminar nasional
Pendidikan FKIP Muhamamdiyah
MAlang1(1).http://www.snfkipumpalembang.
com/wpcontent/
uploads/2017/01/9.-Allen-
Margaretta.pdf. Diakses pada tanggal
Oktober 2017.
Sulistiawati. (2014). Pembelajaran Perkalian
Bilangan 1-10 dengan Matematika
Gasing untuk Meningkatkan Hasil
Belajar pada Siswa Sekolah Dasar.
Prosiding Seminar Nasional
Matematika VIII.
http://
Matematika.unnes.ac.id/prosiding/2014
. Diakses pada tanggal 23 Oktober
Kristiyono, Heru. 2008. Mahir Perkalian dan
Pembagian Bilangan Dasar Melalui
Metode Permainan Kartu. Jurnal
Pendidikan Penabur. 10(7).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â